WUJUDKAN SWASEMBADA PANGAN, BUPATI SAMPAIKAN HARUS MENJADI ANDALAN DAN TARGET MAHULU

0
52
Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh, SH.,ME, pada saat Launching Bantuan Tahunan 2 Juta/Hektar, bagi warga Mahulu yang membuka lahan pertanian kering Padi Gunung.

UJOH BILANG – Program prioritas yang yang harus segera dilakukan adalah terwujudnya swasembada pangan di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu). Hal ini disampaikan Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH.,ME, saat menyerah secara simbolis Launching Bantuan Tahunan 2 Juta/Hektar, bagi warga Mahulu yang membuka lahan pertanian kering Padi Gunung. Selasa (21/9), di Kampung Long Melaham.

“Dengan fokus utama, sektor peningkatan pertanian dan perkebunan sudah tentu menjadi sektor yang wajib diperhatikan mulai dari identifikasi lahan, intensifikasi dan ekstensifikasi lahan, proses penanaman dan perawatan, hingga kepada realisasi target yang telah ditentukan dalam mencapai swasembada pangan,” tambah Bupati.

Bupati menegaskan, kenapa ini menjadi penting, karena Mahulu, adalah daerah otonom hasil pemekaran baru, yang harus memiliki komitmen untuk mampu berdiri di atas kemampuan sendiri di bidang ketahanan pangan. 

“Selain itu Tujuan Utama dari Program Ketahanan Pangan  ini adalah untuk meningkatkan produksi pertanian, terutama bahan pangan primer, seperti beras, jagung, umbi-umbian termasuk sayur-mayur,” kata Bupati.

Selanjutnya Bupati melanjutkan, meningkatnya produksi pangan lokal akan mengurangi ketergantungan warga Mahulu pada bahan pangan primer dari luar daerah.

“Sehingga diharapkan berkurangnya impor bahan pangan primer dari luar, maka keluarnya uang segar dari Mahulu ke daerah lain akan berkurang secara signifikan yang  akan menambah jumlah peredaran uang di dalam pasar dan di tengah-tengah masyarakat Mahulu,” tuturnya.

Dan pada akhirnya lanjut Bupati bertambahnya jumlah uang yang beredar akan memicu proses penciptaan lapangan kerja baru.

“Sehingga apa bila semua faktor di atas bisa teratasi, dengan bersinerginya kita Pemerintah dan para petani maka akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pelaku sektor pertanian dan urusan turunannya,” tandas Bupati. 

Acara Penyerahan secara simbolis Launching Bantuan Tahunan 2 Juta/Hektar, bagi warga Mahulu yang membuka lahan pertanian kering Padi Gunung, Bupati yang didampingi Wakil Bupati Mahulu Drs. Yohanes Avun, M.Si berserta Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, SE., MBA turut ikut menanam bibit Padi bersama masyarakat Kampung Long Melaham Kecamatan Long Bagun. (HMS/Aim/td)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here