WABUP RESMIKAN GEDUNG PUSKESMAS LONG HUBUNG

0
849
Wakil Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Drs. Yohanes Avun, M.Si. meresmikan penggunaan gedung Puskesmas Long Hubung, yang dihadiri dihadiri pula oleh Kasdim 0912 Kutai barat Mayor Zeni Vispa Yudha, Asisten I setkab Mahulu Ir. H Dodit Agus Riyono MP, Kepala Dinkes P2KB Mahulu, drg Agustinus Teguh Santoso, Camat Long Hubung Yullia DH. by hms8

Dipusatkan sebagai Unit Pelayanan Covid Center di zona hilir dan Pintu Gerbang Mahulu

UJOH BILANG –Wakil Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Drs. Yohanes Avun, M.Si. meresmikan penggunaan gedung Puskesmas Long Hubung, yang berlokasi di Kilo Meter 3 Kampung Long Hubung Kecamatan Long Hubung. Kamis (18/3), pagi

Peresmian Puskesmas yang diperuntukan sebagai  pusat pelayanan (center) dan pecegahan covid-19 di wilayah hilir atau gerbang masuk ke wilayah ke wilayah Kabupaten  Mahakam Ulu (Mahulu), dihadiri pula oleh Kasdim 0912 Kutai barat Mayor Zeni Vispa Yudha, Asisten I setkab Mahulu Ir. H Dodit Agus Riyono MP, Kepala Dinkes P2KB Mahulu, drg Agustinus Teguh Santoso, Camat Long Hubung Yullia DH.

Puskesmas Long Hubung, berlokasi di Kilo Meter 3 Kampung Long Hubung Kecamatan Long Hubung.

Acara berjalan hikmat dengan tetap mengikuti protokol kesehatan pecegahan covid-19, di awali dengan pemotongan pita oleh Wakil Bupati Mahulu dilanjutkan pendatangan prasasti.

Dalam sambutan Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH, Wabup menyampaikan guna meningkatkan derajat kesehatam masyarakat, terlebih pada masa pandemi ini, penting untuk memaksimal seluruh pasilitas kesehatan yang telah terbangun.

“Implementasi yang pemerintah ambil adalah dengan percepatan pembangunan Puskesmas berstandar nasional, di lima kecamatan di wilayah mahulu, sebagai ujung tombak untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, dengan pelayanan yang cepat, terjangkau sesuai kondisi, potensi dan kemampuan yang ada,”katanya.

Ditambahkan Wabup, jika di tela’ah lebih dalam, bahwa Puskesmas adalah garda terdepan dalam menghadapi isu-isu kesehatan yang ada di masyarakat, baik itu sebelum terjadi, saat terjadi maupun setelah terjadi.

“Terlebih pada masa pandemi Covid-19 yang kita alami sejak bulan maret 2020 yang lalu, disini puskesmas memiliki peranan terpenting, dalam melakukan prevensi, deteksi dan respon dalam pecegahan dan pengendalian covid-19 di Mahulu,”tambahnya.

Wabup melanjutkan ini merupakan salah satu program prioritas Bupati dan Wakil Bupati terpilih adalah penataan dan peningkatan pelayanan kesehatan yang berkualitas, baik dari sisi sarana maupun prasarana pelayanan kesahatan.

Sementara itu Kepala Dinkes P2KB Mahulu drg. Agustinus Teguh Santoso menuturkan, penggunaan Puskesmas Long Hubung ini lebih kepada sasaran menjadi pusat pelayanan Covid center di wilayah hilir dan gerbang masuk Kabupaten Mahulu.

“Sesuai dengan instruksi Bupati nomor 2 tahun 2020, kalau ada Pelaku Perjalan (PP) diperiksa di poswasdalkes masuk wilayah Mahulu, kurang lengkap persyaratan untuk masuk ke Mahulu, baik itu warga pendatang maupun warga mahulu, harus dibawa terlebih dahulu ke Puskesmas ini,”uangkapnya.

Ia menambahkan, sebagaimana yang diketahui bahwa Kecamatan Long Hubung ini, merupakan wilayah strategis pintu gerbang keluar masuk orang dari dan ke Mahulu.  

“Jadi baik itu jalur darat dan sungai harus dilakukan secrening di pos yang berada di Kecamatan ini, maka atas kesadaran ini penting harus adanya tempat palayanan Covid Center di wilayah hilir, yaitu diwilayah Kecamatan long hubung ini. Jadi memang sangat penting untuk segera melakukan pengoprasian penggunaan gedung ini sebagai pusat covid center zona hilir,”tandasnya. (HMS8/2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here