UJOH BILANG – Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Pemkab Mahulu) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar sosialisasi program guru penggerak tingkat Anak Usia Dini (PAUD) Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kecamatan Long Bagun yang dilaksanakan di SDN 001 Ujoh Bilang. Rabu (8/12/21)

Sosialisasi dibuka oleh Bunda Paud Mahakam Ulu Yovita Bulan Bonifasius diwakili Kepala Disdikbud Bulan Anyeq, S.Pd.SD dihadiri Kepala Bidang Pendidikan Formal dan Non Formal Disdikbud Mahulu Hiroh Ding, S.Pd,SD menghadirkan narasumber guru SMPN 1 Kecamatan Long Apari Herman,S.Pd.Gr di ikuti 40 guru se Kecamatan Long Bagun.

Dalam sambutan Bunda Paud Mahakam Ulu Yovita Bulan Bonifasius disampaikan Plt. Kepala Disdikbud Bulan Anyeq, S.Pd.SD mengatakan guru penggerak dibentuk untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang menerapkan merdeka belajar dan menggerakkan ekosistem Pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid yang memiliki profil belajar Pancasila.

Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Pemkab Mahulu) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar sosialisasi program guru penggerak tingkat Anak Usia Dini (PAUD) Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kecamatan Long Bagun. Sosialisasi dibuka oleh Bunda Paud Mahakam Ulu Yovita Bulan Bonifasius diwakili Kepala Disdikbud Bulan Anyeq, S.Pd.SD.

“Program guru yang berfokus pada pengembangan holistic /menyeluruh hasil belajar siswa yang mencakup kompetensi dalam hal ini literasi, narasi dan karakter dimulai dan diawali dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dalam hal ini adalah Kepala Sekolah dan Guru,”kata Bunda Paud Mahulu.

Ditambahkan Bunda Paud Mahakam Ulu Yovita Bulan Bonifasius menuturkan, tujuan guru penggerak guna meningkatkan mutu guru sehingga menjadi guru yang unggul dan memiliki karakter dan terampil sehingga menghasilkan siswa siswi yang berprestasi dan berkarakter serta terampil sehingga siswa siswi Mahulu dapat mensejajarkan dirinya dengan kabupaten/kota lain dan dapat bersaing di tingkat nasional.

“Marilah kita bersama-sama untuk mewujudkan kerjasama tersebut dengan memberikan dukungan dengan mendaftarkan diri kita untuk menjadi guru penggerak,”tutur Bunda Paud Mahulu.

Lebih lanjut Bunda Paud Mahakam Ulu Yovita Bulan Bonifasius berharap, melalui kegiatan guru penggerak yang akan dilaksanakan selama 9 bulan agar narasumber, instruktur, fasilitator dan pendamping dapat mendampingi peserta program pendidikan guru penggerak hingga selesai.

“Walaupun mungkin akan banyak kendala di lapangan akan tetapi bapak ibu harus semangat dan semoga di setiap pengalaman dan pembelajaran yang didapatkan menjadi berkah yang menginspirasi setiap lapisan pendidikan di Mahulu dan lahir pemimpin yang mampu menggerakan komunitas belajar serta menjadi pemimpin pembelajaran masa depan, semoga nanti di tahun yang akan datang akan dilaksanakan sosialisasi ini di semua kecamatan dan semua guru yang ada di kabupaten Mahulu baik tingkat PAUD SD dan SMP bisa mengikuti program guru penggerak ini,”harap Bunda Paud Mahulu.

Dalam laporan Kepala Bidang Pendidikan Formal dan Non Formal Disdikbud Mahulu Hiroh Ding,S.Pd.SD mengatakan, program pendidikan guru penggerak merupakan unggulan pemerintah untuk meningkatkan potensi guru dan untuk mengikuti program ini setiap calon peserta pendidik guru penggerak wajib mendaftarkan diri melalui portal layanan program GTK Kemendikbud.

“Guru penggerak merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas guru dan program ini merupakan salah satu program jangka panjang yaitu 9 bulan, dan untuk Kecamatan Long Bagun sosialisasi ini diikuti sebanyak 40 guru,”(Prokopim/td/len)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here