TERUS TINGKATKAN SDM DI MAHULU, PEMKAB MAHULU GANDENG YAYASAN KASIH SEJATI

0
157
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH tandatangani MoU Bersama Ketua Yayasan Kasih Sejati Kalimantan Pastor Wilfridus Samdirgawijaya didampingi Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, SE., M.BA, Sekretaris Daerah Mahulu DR. Stephanus Madang, S.Sos., M.M dan Uskup Agung Keuskupan Agung Samarinda Mgr. Yustinus Harjosusanto, MSF.

SAMARINDA – Dalam rangka terus meningkatkan pembangunan Sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu),  Pemkab Mahulu melakukan kerja melalui penanda tangan Memorandum Of Understanding (MoU)  dengan Yayasan Kasih Sejati Kalimantan di Samarinda. Kamis (27/05/2021).

Penandatanganan  MoU oleh  Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH bersama Ketua Yayasan Kasih Sejati Kalimantan Pastor Wilfridus Samdirgawijaya, di ruang rapat Kantor Keuskupan Agung Samarinda. Dalam rangka mendukung pendirian Universitas Katolik Indonesia Satya Dharma di Provinsi Kaltim.

Turut hadir menyaksikan pada acara penandatanganan, Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, SE., M.BA, Sekretaris Daerah Mahulu DR. Stephanus Madang, S.Sos., M.M dan Uskup Agung Keuskupan Agung Samarinda Mgr. Yustinus Harjosusanto, MSF.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH menyampaikan sebagai kabupaten baru, banyak sektor yang harus diperhatikan termasuk peningkatan SDM, pendidikan yang sangat dominan perannya untuk membentuk karakter manusia- manusia di Kabupaten Mahulu, kedepan pastilah melalui dunia pendidikan.

 

“ Maka dari itu didalam RPJM kami, sudah dicanangkan salah satu program visi misi adalah peningkatan SDM. Hal ini dilakukan dalam berbagai macam cara termasuk pembangunan sarana dan prasarana pendidikan di Mahulu, kemudian infrastrukturnya termasuk juga SDM yang secara bertahap kami programkan untuk selalu ditingkatkan,” terang Bupati.

Bupati mengungkapkan bahwa dalam rangka itu, “ kami sudah melakukan beberapa kerja sama dengan perguruan tinggi baik didaerah kita Kaltim atau pun diluar daerah seperti Jawa dan Sumatra guna peningkatan sumber daya anak- anak Mahulu. Ada 500 hingga 600 mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan itu kuliah, dan dibiaya pemerintah melalui beasiswa dan termasuk juga di sekolah Katekis yang berada dibawah naungan yayasan ini, untuk menjadi guru agama ada beberapa orang kami titipkan disana,” ungkap Bupati.

Lanjut Bupati, semua dalam rangka pembangunan Mahulu, pembangunan SDM Mahulu dan daerah. “ Kita paham sekali bahwa yang bisa merubah dan membuat maju ada pada dunia pendidikan, karena disitu lahir teknologi, ilmu pengetahuan dan dapat mendidik manusianya siap bersaing didunia kerja dan siap terlibat didalam pembangunan Mahulu.

Untuk itu Bupati menegaskan mendukung kerja sama tersebut dengan senang hati, “ pada kesempatan ini kami sangat senang, kami tidak mengabaikan kesempatan yang ada ini dan mendukung dengan baik rencana pendirian perguruan tinggi di Samarinda dan semoga kedepan berdampak bagi pembangunan di Mahulu terutama SDM dan karakter manusianya,” tandas Bupati.

Sementara itu Uskup Agung Keuskupan Agung Samarinda Mgr. Yustinus Harjosusanto, MSF mengucapkan terima kasih pada Pemkab Mahulu untuk dukungnya pendirian perguruan tinggi berupa Universitas Katolik Setya Dharma di Kaltim.

“Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih pada Pemkab Mahulu dan jajarannya yang memberikan dukungan yang sangat komplit untuk mendirikan perguruan tinggi di Kaltim ini,” kata Uskup Agung Samarinda ini.

Ia juga menambahkan bahwa rencana atau cita- cita memiliki universitas dapat dilaksanakan, ada berbagai cara yang ditempuh, tetapi kira dengan dukungan dari pemerintah daerah.

“ artinya dapat didukung oleh pihak- pihak yang memang bisa menjanjikan, bisa memasok entah itu mahasiswa atau dana sehingga universitas ini bisa direalisasikan dalam waktu yang tidak lama,” imbuhnya.

Dan senada dengan Ketua Yayasan Kasih Sejati Kalimantan Pastor Wilfridus Samdirgawijaya, Lic. Mis menuturkan bahwa demi meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan Yayasan Kasih Sejati Kalimantan dengan cita- citanya mendirikan sebuah universitas. Memang bukan hal yang mudah untuk mendirikan universitas perlu dukungan bukan hanya materi tetapi juga dari seluruh umat.

“Kita bersyukur pada Kabupaten Mahulu yang memberikan dukungan penuh pada yayasan untuk mendirikan universitas ini dan kiranya dengan adannya MoU ini, percepatan untuk pendirian universitas segera terlaksana,” tutur Pastor Wilfridus Samdirgawijaya, Lic. Mis.

Tampak hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua I Tiopilus Hanye, S.AB.,M.Si, Kepala Dinas PU PR Yohanes Andy Abeh, S.Sos., M.M, Kepala Kemenag Mahulu  Longginus, SS dan Pengurus Yayasan Kasih Sejati Kalimantan.(HMS/tha/td)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here