SEKDA MAHULU IKUTI RAKORNAS PENGAWASAN INTERN PEMERINTAH TAHUN 2021

0
65
SEKDA MAHULU DR. STEPHANUS MADANG, S.Sos., MM MENGIKUTI RAKORNAS PENGAWASAN INTERN PEMERINTAH TAHUN 2021

Sekda Himbau OPD dapat Selesaikan Administrasi Tepat Waktu

SAMARINDA- Sekretaris Daerah (Sekda) Mahakam Ulu (Mahulu) Dr. Stephanus Madang, S.Sos., MM mengikuti Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2021, melalui video conference, bertempat kediaman pribadi di Samarinda. Kamis ( 27/05/2021)

Rakornas tersebut dibuka langsung oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat dan  mengusung tema “ Kawal Efektivitas Belanja, Pulihkan Ekonomi”.

Dalam sambutannya Presiden RI Ir. H. Joko Widodo menegaskan bahwa peran utama pengawasan adalah menjamin tercapainya tujuan, menjamin tujuan tercapainya tujuan pemerintah, menjamin tercapainya tujuan program, menjamin tercapainya tujuan belanja anggaran secara akuntabel, efektif dan efisien.

“Mengikuti prosedur itu penting, tetapi jauh lebih penting adalah tercapainya target – target yang telah ditetapkan, sekali lagi ini juga harus secara akuntabel, efektif dan efisien, yang ditunggu- tunggu oleh rakyat itu adalah hasilnya yang banyak sering kita lupakan. Yang ditunggu oleh rakyat itu adalah manfaat dari setiap rupiah yang dibelanjakan oleh pemerintah dan pengawasan harus menjamin tidak serupiah pun yang salah sasaran, tidak ada disalahgunakan apa lagi dikorupsi,” tegas Presiden RI ini.

Terkait arahan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dalam sambutannya, Sekda Mahulu Dr. Stephanus Madang, S.Sos.,M.M menanggapi bahwa dalam konteks ini Pemerintah Mahulu tetap melalui rapat pimpinan dan evaluasi dan terus memonitor penyerapan anggaran.

” Memang ada sedikit persoalan dengan pergeseran APBD ini, tetapi mudah – mudahan dapat cepat diselesaikan dalam waktu dekat sehingga semua program kegiatan dapat berjalan sesuai yang diharapkan “, tutur Sekda Mahulu.

Ditambahkan Sekda Mahulu menghimbau kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait pengadaan Barang dan jasa maupun program lainya agar sebelumnya sudah dipersiapkan rancangan administrasinya sehingga pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu dan sesuai dengan Kaidah Perundangan yang berlaku.

“Jadi hal – hal yang administrasi ini kan tidak perlu harus ada anggaran bisa dilakukan, bisa dipersiapkan dengan baik. Jadi jangan menyia – nyiakan waktu yang ada sehingga terbuang percuma lalu kaget – kaget kita sudah tidak punya waktu lagi untuk menyelesaikan pekerjaan,” terang Sekda. (HMS/tha/td)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here