PROSESI ADAT “NAPOQ”, SAMBUT KEDATANGAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI MAHULU

0
79
Jajaran Pemerintah bersama Dewan Adat Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), serta masyarakat Mahulu menyambut kedatangan Bupati Mahakama Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH dan Wakil Bupati Mahulu Drs. Yohanes Avun, M.Si, Sabtu (7/3). Pemasangan gelang by hms8

UJOH BILANG – Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahakam ulu (Mahulu) bersama Dewan Adat Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), serta masyarakat Mahulu menyambut kedatangan Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH dan Wakil Bupati Mahulu Drs. Yohanes Avun, M.Si, Sabtu (7/3) Sore, di Pelabuhan Kampung Ujoh Bilang ibu Kota Kabupaten Mahulu.

Kedatangan Bupati dan Wakil Bupati Mahulu yang didampingi Ketua TP.PKK Mahulu Ny. Yovita Bulan Bonifasius dan Wakil Ketua Tp.PKK Anastasia Dang Avung, disambut dengan posesi Adat Napoq (adat penyambut) diringi lantunan suara gong dan tarian daerah tunggal.

Kemudian rombongan menunju Balai Adat Kampung Ujoh Bilang lanjutkan adat gemhing yaitu pemasangan gelang dan kalung di lamin adat kampung ujoh Bilang, oleh dewan adat kepada dua pimimpin daerah Kabupaten Mahulu, yang akan segera menjalankan seluruh tugasnya selama lima tahun kedepan.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH saat ditemui mengatakan, sangat bersyukur bisa kembali lagi ke ibu kota kabupaten mahulu dan disambut oleh warga mahulu.

“Sangat bersyukur bisa cepat balik kesini usai pelantikan di samarinda pada tanggal 26-2-2021 yang lalu, hingga bisa segera melaksanakan tugas, kami berdua sebagai Bupati dan Wakil Bupati Mahulu,”kata Bupati.

Bupati menambahkan, program yang utama pada seratus hari kedepan yang masih menjadi prioritas adalah penanganan Covid-19 di Kabupaten Mahulu.

“Saya ingin program yang menjadi prioritas 100 hari kedepan adalah penanganan Covid-19, kita ingin Kabupaten Mahulu menjadi zona hijau lagi terhindar dari Covid-19,”tegasnya.

Selain itu lanjut Bupati, segera melakukan koordinasi dengan masing-masing OPD dan seluruh staekholder dilingkungan pemkab mahulu, untuk segera melanjutkan program-program yang menjadi prioritas sesuai dengan Visi dan Misi yang ada.

Sementara itu dalam prosesi penyambutan Sekretaris Dewan Adat Kabupaten Mahulu Johanes Hang Kueng menyampaikan mewakili seluruh masyarakat mahulu mengucapkan selamat atas telah dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Mahulu, serta selamat mejelan tugasnya guna percepatan pembangunan di Kabupaten Mahulu.

“Mari kita bersama-sama mendukung segala upaya dan seluruh program yang telah direncanakan guna mengejar pembangunan dan kemajuan Kabupaten Mahulu secara menyeluruh,”tandasnya.

Warga sangat antusias turut menyambut namun masih dalam masa pandemi Covid-19, semua prosesi penyambutan dibatasi, dan harus mengikuti protokol kesehatan serta dijaga ketat oleh pihak keamanan.

Penyambutan kedatangan Bupati dan Wakil Bupati disambut antusias warga namun masih dalam masa pademi Covid19, semua prosesi dibatasi dan mengikuti protokol ketat serta pegamanan dari pihak keamanan. Tampak dihadiri pula dalam penyambutan Dansatgas Pamtas Yonif 614/RJP Mayor Inf. Indar Irawan, SE, Wakil Ketua I DPRD Tiopilus Hanye, S.Ab., M.Si, Sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Mahulu, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pimpinan Forum Koordinasi Perangkat Daerah (FKPD) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Mahulu.(HMS8/2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here