PERINGATI HKN, PEMKAB MAHULU LUNCURKAN VAKSIN COVID-19 MARATHON 10.000 DOSIS  

0
87
Bersamaan dengan momen peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-57, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahakam Ulu (Mahulu), melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) meluncurkan program Vaksin Covid19 Maraton 10.000 Dosis Ke-1.

UJOH BILANG – Bersamaan dengan momen peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-57, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahakam Ulu (Mahulu), melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) meluncurkan program Vaksin Covid19 Maraton 10.000 Dosis Ke-1. Kegiatan dipusatkan di Lapangan Tribun Ujoh Bilang, beberapa hari lalu. 

Launching Vaksin Covid19 Maraton 10.000 Dosis Ke-1 dibuka ditandai dengan pemukulan gong dan pemotongan tumpeng oleh Asisten Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Dodit Agus Riyono, yang mewakili Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh.

Dalam sambutannya, berkaitan dengan HKN, Menteri Kesehatan RI menyampaikan bahwa Indonesia terus melakukan perbaikan agar Pandemi Covid19 menjadi terkendali. Hari ini, kasus Covid19 telah menurun drastis dari puncaknya di bulan Juli 2021 yang mencapai 56.000 kasus per-hari, hingga kini berada di kisaran 500 kasus per-hari. Keterisian tempat tidur Covid19 juga kini sangat rendah di kisaran 3%. 

“Kita patut bersyukur namun juga tetap waspada. Sebentar lagi kita menyambut libur natal dan tahun baru. ingat, Covid19 masih ada ditengah kita. Patut kita belajar dari pengalaman lalu, bahwa lonjakan terjadi setelah libur panjang. ketika banyak orang berkumpul bersama keluarga, sahabat, dan handai taulan disanalah Covid19 menyebar,” ucap Menteri Kesehatan dalam sambutannya yang dibacakan oleh asisten satu. 

Oleh sebab itu, Menkes Menteri mengingatkan kepada masyarakat agar tetap disiplin protokol kesehatan. “Pandemi Covid19 memperhadapkan kita pada dua pilihan jalan. Pertama adalah jalan yang sama dan yang kedua adalah jalan perubahan. Saya bersama Presiden Joko Widodo memilih jalan yang kedua; jalan perubahan. Dengan mandat dari Presiden, Kementerian kesehatan terus berproses untuk melaksanakan: transformasi sistem kesehatan Indonesia,” ungkapnya. 

“Harapannya kita dapat bergerak ke satu tujuan yang sama : Indonesia Sehat. pilihan yang kita ambil hari ini akan menentukan nasib kita, bangsa Indonesia, dimasa yang akan datang. Pertanyaannya maukah kita menyingsingkan lengan baju, bergandengan tangan, dan melangkahkan kaki untuk menempuh jalan perubahan,” tambah Menkes. 

Sementara itu, Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, dalam sambutan tertulisnya mengajak masyarakat untuk saling bersinergi dengan Pemkab Mahulu, juga bersama TNI dan Polri dalam rangka menegakkan disiplin penerapan Protokol Kesehatan (Prokes). Yaitu 5M, Memakai masker, Mencuci Tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Hal tersebut menjadi benteng pertahanan dalam pencegahan penularan Covid19 ini.

“Kita harus tetap waspada, tidak boleh lengah, tidak boleh menganggap remeh Covid19 ini,” ucapnya. 

Bupati berharap,  pada kegiatan vaksinasi massal dan launching vaksin Covid19 marathon 10.000 dosis I pada hari ini, dapat meningkatkan pencapaian target vaksinasi di Mahulu, serta membangkitkan semangat, dan optimisme seluruh komponen masyarakat untuk ikut bergotong royong dalam menyelesaikan pandemi Covid19. 

“Terima Kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran TNI/Polri, tenaga kesehatan serta seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah di semua lini dalam melaksanakan pembangunan kesehatan sebagai sebuah perjuangan untuk menyelamatkan masyarakat Mahulu dari pandemi covid 19 dalam mewujudkan Mahulu semakin sehati,” kata bupati . 

Di tempat sama, Sekretaris Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Iranius Daleq Ding melaporkan, kegiatan HKN ke-57 kali ini mengangkat tema; menyatukan tekad dan semangat sehat negeriku, tumbuh Indonesiaku.

 Selanjutnya, memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia, mengedukasi serta menumbuhkan partisipasi masyarakat agar berperan aktif dalam upaya kesehatan dan panduan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. 

“Kegiatan hari ini adalah vaksinasi massal Covid19 yang serentak dilaksanakan oleh 6 Puskesmas, dan nanti juga kami akan ada pasar kesehatan yang berupa menjual masker murah dan obat-obatan,” ujarnya. 

Ditambahkan, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB)  Teguh Santoso, dalam peringatan HKN ke-57 ini melalui yayasan Indonesia Untuk Semua, Mahakam Ulu diberi bantuan 10.000 dosis vaksin. 

Saat ini, sebut dia, dari target 25.524 orang mendapat vaksin dosis I, capaiannya sudah 65,8% atau diangka 16.770 orang. Sehingga dengan adanya launching vaksin 10.000 dosis akan tercapai target yang sudah ditetapkan. (HMS/vta/td)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here