PERINGATI HKN KE 57, DINKES MAHULU GELAR SENAM SEHAT BERSAMA 

0
90
Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-57 Tahun 2021, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DINKES P2KB) menggelar senam sehat bersama yang berpusat di lapangan Ujoh Bilang.

Bupati : Olahraga Adalah Aspek Penting Dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Di Tengah Pandemi 

UJOH BILANG – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-57 Tahun 2021, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DINKES P2KB) menggelar senam sehat bersama yang berpusat di lapangan Ujoh Bilang. Jumat (19/11/21)

Senam sehat dimulai pukul 08.00 WITA di ikut Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh,SH, ME, didampingi oleh Wabup Drs. Yohanes Avun, M.Si, Sekda Mahulu, Dr. Stephanus Madang, S.Sos., MM, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra (Asisten I), Ir. Dodit Agus Riyono, MP, Kapolsek Long Bagun, AKP. Purwanto, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) badan, kantor, bagian beserta staf dan Camat Long Bagun, sebelum mengikuti senam seluruh peserta melakukan medical check up di tenda kesehatan yang telah disediakan Dinkes P2KB.

foto by Prokopim

Pada kesempatan tersebut juga, Bupati Bonifasius Belawan Geh, S.H.,M.E, menyerahkan piagam penghargaan kepada puskesmas dan RS. Gerbang Sehat Mahulu sebagai juara nasional Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) paling berkomitmen pelayanan kategori RS kelas D Pratama, dan memberikan selamat dan apresiasi kepada tenaga kesehatan DP2KB yang telah menyelesaikan studi S2. 

foto by Prokopim

Dalam sambutan Bupati Bonifasius Belawan Geh, SH.,ME mengatakan, di masa pandemi olahraga menjadi salah satu aspek penting dalam memerangi penyebaran Covid-19, dengan berolahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

“Daya tahan tubuh yang kuat menjadi salah satu benteng menghadapi virus COVID-19. Salah satu upaya untuk menjaga daya tahan tubuh adalah dengan berolahraga.  Olahraga atau aktivitas fisik, terutama pada intensitas dan durasi sedang, dapat mendukung respon imun untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit,”

foto by Prokopim

Lebih lanjut Bupati Bonifasius Belawan Geh, S.H.,M.E berpesan agar saat berolahraga terutama di luar ruangan masyarakat tetap mengedepankan protokol kesehatan guna mencegah adanya penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

“Saya Ingatkan, jika berolahraga di luar ruangan, selalu patuhi protokol kesehatan dan sesuaikan durasi berolahraga sesuai dengan kondisi fisik anda, jangan lupa untuk melakukan olahraga dengan tahapan yang benar misalnya dimulai dengan pemanasan, gerakan inti, dan diakhiri dengan pendinginan selama lima menit. Tahapan latihan fisik yang benar akan menghindarkan  dari cendera. Lakukan olahraga atau aktivitas fisik secara rutin dan jadikan kebiasaan,” tambah Bupati.

Bupati Bonifasius Belawan Geh, S.H.,M.E berharap melalui kegiatan senam sehat dapat membangkitkan motivasi masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan fisik di masa pandemi.

foto by Prokopim

“Saya Harapkan rangkaian kegiatan Senam dalam rangka memperingati HKN ke-57 pada hari ini yang mengusung Tema Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku dapat  membangkitkan semangat dan optimisme kepada seluruh komponen masyarakat Mahakam Ulu untuk gemar berolahraga,” harap Bupati. 

Dalam laporan Kepala DP2KB Drg. Agustinus Teguh Santoso, M.Adm,Kes menuturkan, kegiatan senam bersama merupakan rangkaian dari HKN ke 57, setelah sebelumnya dilaksanakan vaksinasi marathon 10.000 (sepuluh ribu) dosis ke I bagi masyarakat Mahulu.

foto by Prokopim

“Kami laporkan Bapak Bupati sebetulnya HKN tanggal 12 November kemarin sudah kita laksanakan kegiatan vaksinasi marathon 10.000 (sepuluh ribu) dosis , dan hari ini kita adakan senam bersama. Kami sangat bersyukur bahwa acara ini didukung oleh Pemkab Mahulu melalui DPA Dinas Kesehatan dan juga kami berterima kasih kepada para sponsor dari BPJS, BPD Kaltimtara, TP PKK, DWP dan apotek-apotek yang berada di Mahulu yang saat ini juga  mengadakan bazar kesehatan kecil-kecilan dan juga kepada tim kesehatan saat ini menyelenggarakan medical check up bagi para peserta senam,” tutur Kadiskes.

Kepala DP2KB Drg. Agustinus Teguh Santoso, M.Adm,Kes mengucapkan terima kasih atas dukungan Bupati dan jajaran Pemkab Mahulu beserta masyarakat dalam mendukung seluruh upaya pengendalian maupun pencegahan Covid-19 dan percepatan tercapainya herd immunity (kekebalan kelompok) melalui vaksinasi bergerak.

foto by Prokopim

“Kami sangat berterima kasih kepada Pak Bupati dan jajaran-nya yang sudah mendukung upaya-upaya kita semua, bagaimana percepatan kita bisa keluar dari pandemi dan kita bisa kembali ke kehidupan normal ini akan segera kita lakukan, sehingga kita punya target tahun 2022 kita bisa memasuki masa normal baru walaupun kita tetap harus melaksanakan protokol kesehatan sesuai dengan ketentuan yang ada,” tutupnya (Prokopim/len/td)

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-57 Tahun 2021, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DINKES P2KB) menggelar senam sehat bersama yang berpusat di lapangan Ujoh Bilang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here