PEMKAB SAMPAIKAN NOTA PENGANTAR RANCANGAN KUA DAN PPAS

0
45
Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) melalui Wakil Bupati Mahulu Drs. Yohanes Avun, M.Si menyampaikan Nota Pengantar Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) di secara Virtual dari kediaman Pribadi Wabup Mahulu

UJOH BILANG – Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) melalui Wakil Bupati Mahulu Drs. Yohanes Avun, M.Si menyampaikan Nota Pengantar Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) di secara Virtual dari kediaman Pribadi Wabup Mahulu . Jumat (20/8).

Penyampaian Nota Pengantar dalam Rapat Paripurna Ke 17 Masa Sidang Ke II Tahun 2021 Dewan Perwakilan Rakyat Derah (DPRD) Mahulu yang digelar diruang Rapat Bapelitbangda, hadir pula Sekretaris Daerah dr. Stephanus Madang, S.Sos., MM Asisten Bidang Ekonomi, sosial pembangunan E. Tek Hen Yohanes, S.Pd.

Dalam Penyampaian Pemerintah Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH., ME yang disampaikan oleh Wabup Mahulu Drs. Yohanes Avun, M.Si bahwa rapat Paripurna mengenai KUA dan PPAS berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 27 tahun 2021 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2022.

“Sesuai dengan Permendagri Nomor 27 Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten/Kota dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) harus sejalan dengan prioritas pembangunan Nasional” terang Wabup.

Lebih lanjut, Wakil Bupati mengatakan bahwa penyampaian Nota Pengantar KUA dan PPAS dalam rangka upaya mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

“Sidang paripurna ini dilakukan sebagai salah satu upaya mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah untuk pencapaian sasaran prioritas, dan target kinerja pembangunan daerah yang serasi dan terintegrasi dalam RPJMD Kabupaten Mahulu 2021-2026” jelas Wabup.

Kemudian Wakil Bupati menjelaskan bahwa terdapat 5 hal yang menjadi prioritas pembangunan Kabupaten Mahakam Ulu dengan mengusung tema RKPD “Percepatan Daya Saing Daerah Dalam Mendukung Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan”, yaitu:

Pertama Memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas dan berkelanjutan; kedua Percepatan pemerataan pelayanan infrastruktur dasar; Ketiga Percepatan pemerataan pelayanan dan peningkatan kualitas dan kesehatan dan keempat Percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi; serta yang kelima Pemulihan ekonomi dampak pasca pandemi Covid-19.

Di akhir sambutan, Wabup menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan anggota DPRD Mahulu dalam upaya mencapai membangun Mahulu untuk semua, sejahtera; berkeadilan.

“Saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada saudara pimpinan dan anggota DPRD yang terhormat, atas kerjasama yang baik antara eksekutif dan legislatif, sehingga terjadi hubungan yang baik dalam melaksanakan pemerintahan yang transparan, efisien, dan akuntabel” tutup Wabup. (HMS/Ine/td)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here