PEMKAB SAMPAIKAN JAWABAN PEMERINTAH TERHADAP PU FRAKSI TENTANG RAPERDA APBD TA 2022

0
102
Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH., M.E yang diwakili oleh Wakil Bupati Mahulu Drs. Yohanes Avun, M.Si menyampaikan Jawaban Pemerintah, terhadap Pemandangan Umum (PU) Fraksi atas Nota Pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mahulu Tahun Anggaran 2022. 

UJOH BILANG – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH., M.E yang diwakili oleh Wakil Bupati Mahulu Drs. Yohanes Avun, M.Si menyampaikan Jawaban Pemerintah, terhadap Pemandangan Umum (PU) Fraksi atas Nota Pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mahulu Tahun Anggaran 2022. 

Penyampaian Jawaban Pemerintah dalam Rapat Paripurna Ke-11 Masa Sidang III yang digelar di ruang Rapat Bappelitbangda. Rabu (10/11). Sidang dipimpin Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, SE.,MBA yang didampingi Wakil Ketua Tiopilus Hanye S.AB., M.Si dan dihadiri oleh anggota DPRD, serta diikuti sejumlah Kepala OPD secara langsung dan melalui daring dengan aplikasi Zoom Meeting.

Saat membaca Jawaban Pemerintah Bupati Mahulu Bonifasius Belawan, SH., ME yang disampaikan Wabup Drs. Yohanes Avun, M.Si mengucapkan terima Kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Para Ketua dan wakil Ketua serta seluruh Anggota maupun Fraksi – Fraksi DPRD Mahulu. Yang telah menyampaikan Pemandangan Umum Fraksi – Fraksi DPRD dalam Paripurna ke-10 Masa Sidang III Tahun 2021, tanggal 08 November 2021 yang lalu.

Menanggapi PU Fraksi Partai GERINDRA Pemerintah benar-benar akan terus mendorong para pengusaha  pengusaha lokal untuk semakin berpihak terhadap penggunaan produk UKM, UMKM serta koperasi yang bisa berkembang.

Lanjut dengan PU Fraksi PDIP Pemerintah menyampaikan apresiasi yang setinggi  tingginya kepada Fraksi PDIP atas saran dan masukannya dalam penyempurnaan Rancangan APBD Tahun 2022 agar sejalan dengan Visi dan Misi serta Dokumen RKPD.

“Pemerintah sependapat bahwa jika tanpa adanya pengaruh pandemi Covid  19, prestasi pembangunan terus dapat ditingkatkan,” tuturnya.

Selanjutnya PU Fraksi PKB Pemerintah menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi fraksi PKB yang telah mengingatkan agar pemerintah benar-benar dapat memperhatikan target yang ada supaya bisa tercapai dan sesuai harapan Bersama.

“Karena apabila hal tersebut tidak tercapai dengan baik, tentunya akan menjadi preseden buruk yang dapat dijadikan faktor dan indikator penilaian terhadap kinerja pemerintah dan mengarah pada opini tata kelola keuangan daerah. Hal ini tentunya akan menjadi perhatian bagi pemerintah pada tahun anggaran 2022,”tegasnya.

Lebih lanjut disampaikan Wabup, Pemerintah sependapat dengan Fraksi GOLDEM bahwa perlu dilakukan upaya untuk lebih selektif dalam mengawal kegiatan pada OPD, sehingga hasil capaian di tahun 2022 ini benar-benar sesuai dengan program yang tertuang didalam RPJMD. 

Akhirnya Wabup menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Dewan Yang Terhormat atas kerja sama dan sinergi, antara Pemerintah melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (BANGGAR-DPRD) dalam seluruh proses penyusunan dan pembahasan R-APBD Tahun 2022.

“Pemerintah meyakini sinergitas tersebut akan memberikan dampak yang sangat positif dalam rangka meningkatkan kualitas perencanaan dan pembangunan secara keseluruhan,” harapnya.

Sementara itu saat menyampaikan mengantar rapat paripurna Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, SE.,MBA menyampaikan, sebagaimana yang diketahui rapat paripurna hari ini merupakan bagian rangkaian pembahasan tingkat satu antara pemerintah daerah dan DPRD, melalui penjelasan pemerintah terhadap PU Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Mahulu.

“Rapat Paripurna ini juga diselenggarakan sudah melalui proses dan tahapan panjang, yang sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku, diharapkan Raperda ini segera dapat difungsikan sebagaimana mestinya,” tandasnya.(HMS/Aim/td)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here