UJOH BILANG – Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) Yovita Bulan Bonifasius membuka Pelatihan Ekonomi Kreatif (Nyaman Rotan) Masyarakat Kampung Long Bagun Ulu, Kecamatan Long Bagun di Balai Pertemuan Umum Kampung Long Bagun Ulu, Selasa (30/11).

Dalam sambutannya Ketua TP PKK mengatakan sangat menyambut baik dilaksanakannya Pelatihan Anyaman Rotan ini, yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kampung bersama Lembaga Adat Kampung Long Bagun Ulu.

“Kami dari TP PKK Kabupaten Mahulu Sangat mendukung kegiatan ini, karena hal ini sangat menginspirasi sekali bagi kita semua, karena dengan ada kegiatan ini dapat menggerakkan masyarakat kampung yang pada akhirnya nanti dapat meningkatkan ekonomi kreatif,” tuturnya.

Ketua TP PKK sangat berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan terus, dibawah binaan dari Pemerintah Kampung setempat dan juga dukungan dari TP PKK Kabupaten Mahulu.

 

“Jadi nantinya seluruh elemen yang tergabung kegiatan ini bisa lebih inten lagi melakukan pertemuan atau melakukan pelatihan seperti ini agar semangat dari para pengrajin terus menerus ada, dan tidak hanya putus disini saja, bisa terus berlanjut terus,” harapnya.

Ia juga meminta agar generasi muda juga dapat lebih mengambil peran dalam kegiatan seperti ini.

“Kaderisasi itu penting, karena dewasa ini generasi muda yang ingin mengikuti kegiatan menganyam rotan seperti ini, bisa dibilang tidak ada lagi yang berminat, jadi ke depan anak-anak mudanya bisa lebih dilibatkan lagi,”katanya.

Sementara itu Pj. Petinggi Kampung Long Bagun Ulu Oktavianus Batrik, SE Menyatakan harapannya dengan adanya pelatihan ini, ekonomi kreatif melalui UMKM nyaman rotan ini bisa tumbuh, berkembang dan maju ke depan khususnya di  kalangan Masyarakat Long Bagun Ulu maupun diluar Mahulu.

“Program ini juga merupakan program unggulan dari Pemerintah Kampung Long Bagun Ulu, yang diharapkan juga bisa terus berkesinambungan, yang memang banyak melibatkan pemberdayaan perempuan,”ungkapnya.

Ia menambahkan, nanti juga kelompok yang sudah dibentuk ini, bisa menjadi berdiri terus menerus menjadi kelompok UMKM, yang dibina oleh Pemerintah Kampung bersama PKK Kampung.

“Harapan kita juga pelatihan ini menjadi batu loncatan awal, dalam kita memberdayakan ekonomi kreatif di Kabupaten Mahulu,”ujarnya. (Prokopim/Aim/td)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here