PEMKAB MAHULU KEMBALI RAIH TPID BERPRESTASI TAHUN 2020

0
76
Penjabat Sementara (Pjs ) Bupati Mahulu Drs. Gede Yusa, SH didampingi Sekda Kabupaten Mahulu Dr. Stepanus Madang, S.Sos., MM ( kedua dari kiri) saat menerima Tropi Penghargaan TPID Award Katerogi berprestasi yang diserahkan Kepala Sub Bidang Stabilitas Harga, Kemenko Bidang Perekonomian Sri Purwanti, dan disaksikan (kanan) Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kaltim H. Abu Helmi, SE., MM, dan Kepala Biro Perekonomian H.Nasrin serta ( kiri) Kepala Tim Implementasi KEKDA Bank Indonesia Provinsi Kaltim Aswin Gantina, di Ruang Derawan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kaltim.

 

SAMARINDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahakam Ulu (Mahulu) kembali meraih Penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Award kategori Kabupaten/ Kota dengan TPID Berprestasi Wilayah Kalimantan tahun 2020. Yang dilaksanakan di Ruang Derawan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kaltim. Rabu (04/11).

Penghargaan Kedua pemkab Mahulu sebelumnya pada Tahun 2019 yang diserahkan Oleh Wakil Presiden RI, dan kali ini diserakan Kemenko Perekonomian yang diwakili oleh Kepala Sub Bidang Stabilitas Harga, Kemenko Bidang Perekonomian Sri Purwanti, yang diterima oleh Penjabat Sementara (Pjs ) Bupati Mahulu Drs. Gede Yusa, SH didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Mahulu Dr. Stephanus Madang, S.Sos., MM.

Foto bersama: (dari kiri) Kepala Humas dan Protokol Setkab Mahulu Yosep Sangiang, SH., M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Mahulu Dr. Stepanus Madang, S.Sos., MM,Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Mahulu Drs. Gede Yusa,SH, Kepala Sub Bidang Stabilitas Harga Kemenko Bidang Perekonomian Sri Purwanti, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kaltim Tutuk S.H Cahyono dan Kepala Biro Perekonomian Setprov Kaltim H. Nasrin.

Turut hadir dalam acara penyerahan ini, Sekda Provinsi Kaltim Ir. H. M. Sa’ bani, M.Sc dalam hal ini diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kaltim H. Abu Helmi, SE., MM dan Kepala Biro Perekonomian H Nasrin, Kepala Tim Implementasi KEKDA Bank Indonesia Provinsi Kaltim Aswin Gantina dan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setkab Mahulu Yosep Sangiang, SH., M.Si.

Dalam sambutannya Pjs. Bupati Mahulu menyampaikan, mewakili segenap Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Mahulu, mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada Pemerintah Pusat atas penghargaan ini.

“Sejauh yang saya ketahui, penghargaan ini merupakan penyerahan yang ke-2 kalinya kepada Pemerintah Kabupaten Mahulu sebagai Pemenang TPID Berprestasi Kawasan Kalimantan setelah diterimanya penghargaan pertama di Jakarta, 25 Juli 2019 tahun lalu,” kata Pjs Bupati Mahulu.

Pjs Bupati Mahulu juga menyampaikan ungkapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Jajaran Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu, serta seluruh masyarakat dan pihak terkait yang telah mendukung TPID Kabupaten Mahakam Ulu sehingga dapat meraih penghargaan ini.

“Semua kita lakukan untuk masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu agar tetap mendorong peningkatan ekonomi sehingga tetap survive dalam keadaan apapun,” ungkapnya.

Lebih lanjut Pjs Bupati Mahulu mengatakan dengan seluruh pencapaian yang telah Pemerintah Kabupaten Mahulu terima, ia mengajak semua yang berperan untuk kembali rapatkan barisan, bangun kerjasama dan sinergi yang solid untuk dapat mempertahankan prestasi baik ini.

“Mari kita saling bergandengan tangan, bersama-sama mendukung kemajuan dan perkembangan daerah, sebab dalam hal ini peran daerah sangat penting dalam menjaga stabilitas harga mengingat inflasi yang tidak terkendali akan mengerus daya beli masyarakat terhadap barang dan jasa sehingga kesejahteraan masyarakat menurun. Karena, terjaganya inflasi daerah pada tingkat yang rendah dan stabil akan mendukung upaya pencapaian sasaran inflasi nasional,” kata Pjs Bupati Mahulu.

Pada kesempatan yang sama Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekertaris Daerah (Setda) Provinsi Kaltim Abu Helmi yang membacakan sambutan dari Sekda Provinsi Kaltim Ir. H. M. Sa’ bani, M.Sc menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim mengucap syukur atas penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi Kaltim dan mengucapkan selamat beberapa kabupaten/kota di Kaltim terutama Kabupaten Mahulu yang menerima Penghargaan TPID Kabupaten/ kota berprestasi.

“Dengan diperolehnya penghargaan ini dapat menjadi motivasi untuk terus memperbaiki kinerja dan terus berkoordinasi, sehingga prestasi ini dapat terus dipertahankan pada tahun mendatang,” katanya.

Sementara itu Kepala Sub Bidang Stabilitas Harga, Kemenko Bidang Perekonomian Sri Purwanti menambahkan bahwa tujuannya kunjungannya adalah untuk menyampaikan secara langsung penghargaan kepada Kabupaten Mahulu sebagai TPID berprestasi tahun 2020.

“Mohon maaf kami tidak mengundang bapak/ ibu dari Mahulu karena terkendala protokol kesehatan, jadi kami hanya mengundang 10 saja yakni 5 provinsi dan 5 kabupaten kota.,” ujar Sri Purwanti.

Adapun tujuan akhir dari kegiatan TPID adalah menjaga agar tingkat inflasi stabil dan rendah, dengan begitu harga kebutuhan pokok sehari-hari tetap terjangkau sehingga masyarakat bisa hidup sejahtera. (HMS10/td)

Kategori TPID terbaik tingkat provinsi :
1. wilayah Sumatera diraih Provinsi Sumatera Barat,
2. Jawa-Bali diraih Provinsi Jawa Tengah,
3. Kalimantan diraih Provinsi Kalimantan Timur,
4. Sulawesi diraih Provinsi Gorontalo, dan:
5. Nusa Tenggara-Maluku-Papua diraih Provinsi Papua.
Kategori TPID terbaik tingkat kabupaten/kota
1. wilayah Sumatera diraih Kabupaten Bungo,
2. Jawa-Bali dimenangi oleh Kabupaten Banyuwangi,
3. Kalimantan oleh Kota Samarinda,
4. Sulawesi oleh Kota Gorontalo,
5. Nusa Tenggara-Maluku-Papua dimenangkan Kota Jayapura.
Sedangkan kategori TPID berprestasi tingkat kabupaten/kota
1. wilayah Sumatera untuk Kabupaten Deli Serdang,
2. Jawa-Bali untuk Kabupaten Badung,
3. Kalimantan untuk Kabupaten Mahakam Ulu,
4. Sulawesi dimenangi Kabupaten Majene, dan
5. wilayah Nusa Tenggara-Maluku-Papua diraih Kabupaten Maluku Tenggara.

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda