PASIEN COVID-19 DIMAHULU DINYATAKAN SEMBUH, MASYARAKAT DIMINTA TETAP WASPADA SENANTIASA TAATI PROTOKOL COVID

0
61

– MHU02, MHU03, MHU04 Pasien Covid19 yang dirawat di Rumah sakit GSM Mahulu dan MHU06 Pasien Covid19 asal Makasar yang dirawat di RSP Lingang Bigung Kutai Barat telah dinyatakan sembuh;

UJOH BILANG – Tim gugus Tugas pencegahan covid19 Kabuapten Mahakam Ulu (Mahulu) mengumumkan 3 pasien terkonfirmasi Covid19 di wilayah Mahulu telah dinyatakan sembuh, Meski demikian di himbau masyarakat Mahulu diminta untuk tetap tenang namun waspada dengan senantiasa mentaati protokol kesehatan.

Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Mahulu Dr. Stephanus Madang, S.Sos.,MM, Mewakili Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH saat Press Release Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Mahulu menyampaikan, terkait dengan pandemi covid-19 yang saat ini masih melanda, warga dihimbau tetap tenang, penyakit Covid-19 bisa disembuhkan, sehingga masyarakat tidak perlu panik dan apabila ada gejala segera melaporkan ke sarana kesehatan terdekat.

“terbukti Pasien yang dirawat sendiri di RS GSM MHU-02, MHU-03, MHU-04 setelah diberikan pengobatan dan Perawatan sudah dinyatakan sembuh yang ditangani oleh Dokter Spesialis yang merawatnya” ujar Pj. Sekretaris Daerah Dr. Stephanus Madang, S.Sos MM Diruang rapat koordinasi Setkab Mahulu. Rabu (02/09).

Ditambahkannya, menghimbau kepada seluruh masyarakat Mahulu untuk tidak membuat stigma atau anggapan yang negatif terhadap orang yang berkontak, ataupun orang yang hasil rapid testnya reaktif dan juga bagi pasien yang telah sembuh

“Stigma kepada Pasien yang terkonfirmasi Positif maupun Pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid 19 ini, janganlah kita berbuat yang intoleran karena kita tidak tau kejadian seperti itu mungkin saja suatu saat menimpa diri kita” tambahnya.

Lanjut disampaikannya, Mari kita saling mendukung (mensuport) satu sama lain, taati protokol kesehatan yang sudah diterapkan oleh Pemerintah, dan juga dapat menghubungi /mengkonsultasikan kepada pihak yang berwenang bila ada hal-hal yang kita tidak tahu, dan jangan menghakimi sendiri.

“jangan menyebar luaskan hal-hal yang belum pasti kebenarannya yang berkenaan dengan penanganan Covid 19 sebelum mendapatkan informasi yang resmi dari Tim Gugus/Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Mahakam Ulu” lanjut ajaknya

Hasil Penelusuran(tracing) dan pelacakan (tracking) yang dilakukan dari Tanggal 17 Agustus S/D Tanggal 2 September 2020 terhadap Kasus MHU02 MHU03 dan MHU04, dengan Jumlah tracing sebanyak 378 orang, dengan di skrining rapid test 378 orang terdapat 4 orang yang reaktif, dan 4 orang tersebut dilanjutkan dengan Test Swab PCR.

Kita juga melaksanakan swab test pada 75 orang (termasuk 4 orang reaktif) , untuk keluarga serumah kontak erat, dan tenaga kesehatan/ umum dari RS GSM yang berkontak dengan Pasien terkonfirmasi, Pejabat dan warga masyarakat yang kontak erat dengan yang bersangkutan.

“Dan hasil swab dari 75 orang dari hasil Tracing dan Tracking tersebut sudah dikeluarkan oleh Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Kaltim dan dinyatakan semua hasil nya Negatif , sehingga dapat dikatakan di Mahulu belum terjadi kasus transmisi Lokal”. Jelas Pj. Sekda.

Selanjutnya dimohon juga agar masyarakat displin melaksanakan Protokol Pencegahan Covid 19, dengan Tetap memakai masker, tidak keluar rumah dulu bila tidak ada urusan penting, menghindari kerumunan, cuci tangan pakai sabun bila selesai beraktivitas, mengadakan pembersihan lingkungan rumah dengan disinfektan, istirahat yang cukup dan mengkonsumsi suplemen Vitamin, serta segera melaporkan diri ke petugas kesehatan bila ada gejala yang mengarah ke Covid 19 ini.(HMS7/td).

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda