BUPATI IKUTI RAKOR EFEKTIVITAS PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN COVID – 19 BERSAMA MENDAGRI

0
160

UJOH BILANG – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh,SH mengikuti Rapat Koordinasi dalam rangka meningkatkan efektifitas pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disense ( Covid – 19 ) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 secara virtual di ruang rapat kantor Bappelitbangda. Kamis (27/08)

Rapat koordinasi yang di selenggarakan oleh Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) di pimpin oleh Mendagri Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D. bersama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H.,S.U.,M.I.P. Dihadiri, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D, Kepala BNPB Ketua KPK, Ketua KPU, Jaksa Agung, Gubernur, Bupati dan Walikota se Indonesia.

Dalam sambutan Mendagri Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian,M.A.,Ph.D mengatakan, tujuan rakor sebagai wadah evaluasi dalam rangka meningkatkan efektifitas pencegahan dan pengendalian Covid – 19 di Indonesia. Serta, membahas langkah – langkah penanganan Covid – 19 dan persiapan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan Desember mendatang.

“Sesuai arahan Bapak Presiden pada rapat Covid yang lalu, dan membahas isu-isu terkait hal ini. Yaitu, pemulihan ekonomi nasional sekaligus juga Pilkada yang akan dilaksanakan di masa Pandemi ini kita akan melaksanakan evaluasi sekaligus persamaan perspektif,”kata Mendagri.

Dikatakan Mendagri Jenderal Polisi Prof. Drs.H. Muhammad Tito Karnavian,M.A.,Ph.D lebih lanjut, penekanan untuk penanganan Covid – 19 oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo kepada kepala daerah, agar bersungguh-sungguh memberi kontribusi untuk mengendalikan daerahnya masing-masing. Terutama untuk pelaksanaan langkah 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak untuk masyarakat serta 3T (Testing, Tracing, dan Treatment) untuk pemerintah.

Selain itu, di harapkan melalu rakor lahirnya keputusan maupun komitmen bersama, dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terdahap Protokol Kesehatan Covid – 19. Hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum Protokol Kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Untuk penanganan Covid, Bapak Presiden minta betul-betul daerah sungguh-sungguh memberikan konstribusi untuk mengendalikan daerahnya masing-masing, terutama untuk melaksanakan 3M dan 3T, yaitu memakai masker baik dengan cara persuasif maupun lainnya, kemudian mencuci tangan, menyiapkan tempat-tempat mencuci tangan, handsanitizer juga menjaga jarak, baik dengan sosialisasi maupun dengan intervensi kebijakan publik,”jelas Mendagri.

Usai mengikuti rakor, Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH berpesan agar terus di lakukannya singkronisasi upaya dan strategi pencegahan dan percepatan penanganan Covid – 19 di Mahulu. Salah satunya evaluasi sistem operasional Pos Pengawasan dan Pengendalian Kesehatan (Wasdalkes) di titik – titik perbatasan / pintu masuk ke Kabupaten Mahakam Ulu.

“Untuk itu saya minta, mungkin ini menjadi evaluasi Dinas Perhubungan dan Dinas Trantibbum, kemudian Dinas Kesehatan juga. Saya minta tolong supaya di koordinasikan kemudian untuk pengawasan di pintu masuk,”jelas Bupati.

Bupati Bonifasius Belawan Geh,SH berharap kerjasama seluruh stake holder, baik di tingkat kabupaten hingga kecamatan dalam memperkuat upaya dan meningkatkan efektivitas pencegahan dan pengendalian Covid – 19 di Mahulu.

“Tujuan kita cuma satu, bukan kita cari nama atau cari apa tapi untuk menyelamatkan jiwa kita dan jiwa masyarakat Mahulu, Saya minta kerjasama kita yang baik untuk menegakkan aturan yang kita buat bersama,”harap Bupati.

Turut hadir, Pj. Sekretaris Daerah Dr. Stephanus Madang,S.Sos,MM, Staf Ahli Bupati Alfred,SH, Kadishub Toni Imang,S.Sos,M,SI, Kepala Dinas Trantibbum S. Lawing Nilas,S.Pd, Kadis DPMK Damianus Tamha,SE, Kadis Lingkungan Hidup Solman,S.Hut,M.Si,Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di wakili Sekretaris Tingang Himang,S.Pd, Kadis P2KB diwakili Sekretaris Irenius Daleq Ding,SKM,Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Petronela Tugan,MKM.(HMS11/td)

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda