GUNA SINERGIKAN PERSEPSI, PEMKAB MAHULU GELAR RAKOR CSR

0
101
Wakil Bupati Drs. Y. Juan Jenau membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) bersama 8 (Delapan) perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Mahakam Ulu. Foto by : Datinfo Humpro.

UJOH BILANG – Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) bersama 8 (Delapan) perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Mahakam Ulu. Senin (10/08).

Rakor diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Mahulu. Dihadiri oleh Wakil Bupati Mahakam Ulu Drs. Y Juan Jenau didampingi Pj. Sekretaris Daerah Dr. Stephanus Madang,S.Sos,MM, Asisten Bidang Sosial Ekonomi dan Pembangunan E. Tek Hen Yohanes,S.Pd, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan perwakilan dari 8 perusahan di wilayah Mahulu.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH yang diwakili oleh Wakil Bupati Drs. Y. Juan Jenau saat memimpin Rakor mengatakan, tujuan kegiatan sebagai wadah koordinasi dan sinergitas antar pemerintah dan perusahaan terkait pelaksanaan program CSR. Hal ini menjadi langkah awal penyelarasan antara program CSR perusahaan dengan program prioritas pemerintah kedepan.

“Pemerintah memiliki komitmen bersama-sama dengan perusahaan terkait, dalam membangun Mahulu perlu kerjasama dan butuh sinergitas antar program,”kata Wabup.

Wakil Bupati Drs. Y. Juan Jenau membuka dan memberikan arahan pada Rapat Koordinasi (Rakor) Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) di Mahakam Ulu.foto by : Datinfo Humpro.

Dikatakan Wabup Drs. Y. Juan Jenau lebih lanjut, melalui rakor agar terwujudnya kesamaan persepsi, komitmen dan kepedulian perusahaan untuk berpartisipasi dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan di Mahulu.

“Selain hubungan yang baik, kemudian akses jalan, tentu saja kedepan dengan adanya forum CSR yang telah dibentuk oleh pemerintah kita berharap juga kira-kira apa yang menjadi konstribusi atau peran langsung dari perusahaan dalam hal ini karena pemerintah masih mengalami kesulitan terutama bagian PU,”ujar Wabup.

Rapat Koordinasi (Rakor) Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) di hadiri perwakilan dan karyawan dari 8 (Delapan) perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Mahakam Ulu. Foto by : Datinfo Humpro.

Wabup Drs. Y. Juan Jenau menambahkan, dengan adanya CSR akan memberikan kontribusi terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan.

“Saya yakin bahwa ketika kita bisa mencapai kesepakatan mengenai bagaimana kita menangani jalan, tentu perusahaan juga dengan sendirinya mempunyai komintmen untuk membantu pemerintah,”kata Wabup.

Disampaikan oleh Subroto selaku perwakilan dari PT. Ratah Timber, kegiatan CSR yang telah dilaksanakan PT. Ratah Timber antara lain perbaikan ruas jalan Kampung Nyaribungan Kecamatan Laham dan perbaikan jalan dari Sungai Ratah sepanjang 7 kilometer, selain itu juga untuk peningkatan pemberdayaan masyarakat pihaknya mempunyai program kemitraan kehutanan.

“Kegiatan kami mengenai CSR mungkin kalau bapak-bapak pernah ke Nyaribungan, dulu Nyaribungan hanya bisa dilewati dari sungai dan sekarang sudah bisa di lewati dari darat dan itu kami yang membuat jalannya, dan Untuk jalan PU kami memperbaiki ruas jalan yang melewati perusahaan kami, dan jembatan yg putus pun bahan baku bikin jembatannya dari kami,”jelasnya.

Ia menambahkan, “Untuk pemberdayaan masyarakat kami juga berkerjasama dengan lembaga lain, kemarin kami juga melakukan pendataan kelompok tani di sekitar datah bilang, smp skr masih dlm tahap penyususnna laporan,”tutupnya.

Adapun 8 perusahaan yang beroprasi di Mahulu diantaranya, PT. Ratah Timber Co, PT. Kedap Sayaaq, PT. Marsam Citra Adiperkasa, PT. Setia Agro Utama, PT. Roda Mas, PT. Rimba Sempana Makmur, PT. Permata Agro Sejahtera, PT. Nusa Sumber Rejeki.(HMS11/td)

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda