PEMKAB GELAR RAKOR PENGELOLAAN KEUANGAN KAMPUNG DI KECAMATAN LAHAM

0
104
Pj. Sekretaris Daerah Mahulu Dr. Stephanus Madang, S.Sos., MM membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Pengelolaan Keuangan dan Penyelenggaraan Pemerintah Kampung Semester 1 Tahun 2020 se Kecamatan Laham. Foto by : Datinfo Humpro.

UJOH BILANG – Bertempat di Balai Adat Kampung Laham. Jumat (23/07) mewakil Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH, Pj. Sekretaris Daerah Mahulu Dr. Stephanus Madang, S.Sos., MM membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Pengelolaan Keuangan dan Penyelenggaraan Pemerintah Kampung Semester 1 Tahun 2020.

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Mahulu, dalam sambutan tertulis Bupati Mahulu yang disampaikan Pj. Sekretaris Daerah Dr. Stephanus Madang, S.Sos, MM mengatakan topik tentang keuangan kampung selalu berkaitan dengan topik tentang tugas dan fungsi dari seluruh jajaran aparatur penyelenggara pemerintah kampung.

“tugas dan fungsi dari semua itu mencangkup petinggi, BPK, serta Sekretaris kampung bersama seluruh unsur perangkat kampung dan jajarannya. penyelenggaraan tugas dan fungsi tersebut dibiayai dari sumber dana keuangan kampung,” jelas Bupati.

Bupati menambahkan bahwa keuangan kampung bukanlah tujuan, melainkan implikasi juridis dari teselenggaranya seluruh tugas dan fungsi dari semua jajaran penyelenggara pemerintah kampung.

“Untuk itu saya harap penggunaan setiap rupiah yang tertampung didalam anggaran pendapatan dan belanja kampung harus selalu memenuhi kaidah dan norma yang berkaitan dengan tugas dan fungsi yang dimiliki oleh masing-masing aparat kampung,”tegas Bupati.

Selain itu dalam pelaksanaan rakor, DPMK pun menggelar sosialisasi penerapan aplikasi siuskeudes berupa penambahan out put kegiatan. Sebagai akibat dampak Covid-19, aplikasi desa melawan Corona Virus (eDMC-19) dan aplikasi Human Devolepment. Dikesempatan lainnya juga Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Drg.Agustinus Teguh Santoso,M.Adm Kes menggelar sosialisasi tentang New Normal ditengah Pandemi Covid-19.

Sementara itu Asisten Bidang Pemerintahan dan Humas Ir. Dodit Agus Riyono,MP membacakan laporan sekretaris daerah kabupaten Mahakam ulu, bahwa dalam laporannya menyatakan rapat koordinasi (Rakor) Petinggi, Bendahara Kampung dan BPK tentang pengelolaan keuangan dan penyelenggaraan Pemerintah Kampung telah memasuki Semester 1 pada Tahun 2020 ini, melalui rakor ini agar tersampaikannya evaluasi capaian kinerja semester 1 pada Pemerintah kampung se-kecamatan laham. Agar dapat menyusun target capaian hasil percepatan kegiatan tahun anggaran 2020.

“Artinya semua kegiatan harus sudah berakhir di bulan Desember, baik dari segi pelaksanaan maupun dari segi pengadministrasian ditingkat kampung,” katanya.

Sekda melanjutkan, berdasarkan data yang kami terima dan hasil monitoring sekaligus evaluasi, ternyata progres capaian di masing-masing kampung tidak seragam.

“Maka dalam kesempatan ini saya mengingatkan kembali agar kampung segera menyusun kembali RKTL yang telah ada untuk dilakukannya penyesuaian progres capaian dengan target waktu yang tersisa dalam rangka percepatan kegiatan para tahun anggaran 2020,”tutup Sekda.

Rakor yang diikuti oleh para petinggi, bendahara, BPK kampung Se Kecamatan Laham. Turut hadir pula Asisten Bidang Pemerintahan dan Humas Ir. Dodit Agus Riyono,MP, Inspektur Inspektorat Budi Gunarjo Ompusunggu, SE.,Ak.,MM.,Ca.,AAP, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Gerry Gregorius,SE.,M.Si.,AK, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Drg.Agustinus Teguh Santoso,M.Adm Kes, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Emiliana Dai,S.KM.,M.Adm.Kes, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Damianus Tamha,SE. (HMS12/td)

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda