PASAR TANI UNTUK TINGKATKAN EKONOMI PETANI

0
205
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH, Membeli Sayuran Lokal hasil dari salah satu petani. by HMS8.

UJOH BILANG – Pergelaran Pasar Tani pada masa Pandemi Covid-19, memiliki tujuan utama guna meningkatkan ekonomi para petani lokal. Hal ini juga yang disampaikan Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH saat berkunjung ke stan para pedagang pasar tani, Sabtu (13/6) di Simpang Tikah Kampung Ujoh Bilang.

“Kemudian yang terpenting kedua, adalah tersedia akses pasar yang lebih jelas bagi para petani. Sehingga dengan harapan ke depan mereka mengelola kebun yang lebih produktif lagi. Jangan hanya musiman saja, karena tempat menjualnya sudah ada. Jadi tidak ada lagi alasan tidak memberdayakan kebun yang dimilikinya,” ungkap Bupati.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH, Membeli Sayuran Lokal hasil dari salah satu petani. by HMS8.

Dia berharap, keberadaan pasar tani dengan komoditi lokal ini. Bahkan bupati berencana dibuatkan pasar secara permanen dengan lokasi yang strategis. “Karena kebutuhan akan dapur ini terus menerus dibutuhkan oleh kita, maka pasar ini harus berlanjut terus tidak pada masa ini saja,” ucapnya.

Bupati menyampaikan, motivasi utama dalam pegelaran pasar ini selain membantu warga, khususnya para petani lokal pada masa Pandemi Covid-19, juga sebagai wadah untuk memberdayakan para petani dalam menjual hasil kebunnya.

“Selain meningkatkan ekonomi para petani, juga untuk mempermudah para konsumen agar tidak tergantung produk dari luar saja. Produk lokal di Mahulu tidak kalah dengan produk dari luar. Yang jelas lebih segar karena habis dipetik langsung dijual esok harinya,” ujarnya.

Saat dijumpai Antoni Ayoi salah satu petani lokal asal Kampung Long Melaham, mengaku sangat senang dengan adanya pasar tani ini bisa menjadi wadah para petani lokal menjual hasil dari kebunnya. “Kita para petani lokal sangat senang dengan ada pasar tani ini. Jika sebelumnya saya menjual hasil kebun hanya berjalan kaki ke rumah-rumah, sekarang saya sudah punya tempat untuk berjualan,” ungkapnya.

Ia berharap, pasar ini terus ada agar para petani lokal dapat menjual produk hasil kebun dengan lebih ekonomis, dan lebih diminati serta dikenal oleh masyarakat luas. (HMS8/td)

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda