DUKUNG PETANI DI TENGAH PANDEMI COVID19, PEMKAB MAHULU HADIRKAN PASAR TANI

0
186
Pasar Tani yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahangan Pangan dan Pertanian (DKPP) di dibuka setiap hari Rabu dan Sabtu mulai jam 08.00 sampai dengan 12.00 wita. Foto by : Datinfo Humpro.

Bupati berharap kebutuhan dasar akan pangan dengan harga yang terjangkau dapat terpenuhi

UJOH BILANG – Sebagai bentuk dukungan Pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup ekonomi para petani di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Pemkab Mahulu menggelar Pasar Tani yang berpusat di Simpang Tiga Sungai Tikah, Ujoh Bilang. Yang telah dimulai pembukaanya sejak hari Sabtu (06/06) lalu.

Pasar Tani yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahangan Pangan dan Pertanian (DKPP) di dibuka setiap hari Rabu dan Sabtu mulai jam 08.00 sampai dengan 12.00 wita dibuka perdana oleh Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH yang diwakili Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sarifudin,SE.

Dalam sambutan tertulis Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH dibacakan Kadis DKPP mengatakan, Dalam menunjang usaha peningkatan taraf hidup masyarakat, pemanfaatan potensi sumber daya alam menjadi langkah strategis yang telah dilakukan sejak dahulu. Tradisi yang turun temurun pada aktivitas pertanian merupakan upaya dari leluhur untuk melakukan usaha pertanian yang berkelanjutan.

“Kegiatan pasar tani ini akan memutus mata rantai pasokan komoditi pangan, agar dapat mengendalikan harga komoditi tersebut, dan pada akhirnya dapat memberikan manfaat bagi petani maupun masyarakat itu sendiri. Disinilah peran Pemerintah Daerah untuk menjembatani Petani dapat langsung bertemu dengan pembeli dari hasil taninya,”kata Bupati.

Kadis DKPP Sarifudin,SE menyerahkan secara simbolis bibit tani. Foto by : Datinfo Humpro.

Bupati Bonifasius Belawan Geh,SH menambahkan, manfaat nyata pasar tani selain petani memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan harga yang layak atas hasil taninya tanpa adanya harga yang telah ditetapkan oleh perantara, masyarakat juga dapat menikmati hasil panen yang segar.

“Dengan penyelenggaraan pasar tani ini secara tidak langsung akan dapat mengantisipasi terjadinya hambatan distribusi pangan ke Kabupaten Mahakam Ulu, dan jika hal ini berlangsung dengan peningkatan produksi hasil tani, maka kedepannya kita akan dapat menghilangkan ketergantungan kebutuhan pangan dari Kabupaten tetangga,”kata Bupati.

Bupati Bonifasius Belawan Geh,SH berharap, dengan hadirnya Pasar Tani yang akan di buka setiap hari Rabu dan Sabtu dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, dan juga membantu ekonomi para petani Mahulu di tengah Pandemi Covid – 19.

“Dengan adanya pasar tani ini, kebutuhan dasar akan pangan dengan harga yang terjangkau dapat terpenuhi. Saya harapkan akan ada banyak petani-petani lain yang dapat menjual hasil taninya di pasar tani ini. Walaupun jangka waktu pasar tani yang berkala ini, yaitu pada hari sabtu dan rabu Saya harapkan kebutuhan akan pangan masyarakat dapat terpenuhi,”harap Bupati.(Hms11/td)

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda