BUPATI PIMPIN RAKOR PEMBENTUKAN BPBD MAHULU 

0
248

UJOH BILANG – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH hadiri Rapat Koordinasi rencana Pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mahulu, di ruang rapat Kantor Bappelitbangda. Rabu (13/5).

“Rencana Pembentukan BPBD penting, mengingat Kabupaten Mahulu merupakan daerah yang memiliki potensi bencana yang cukup rawan, baik itu potensi bencana alam muapun non alam,”ungkap Bupati Mahulu dalam rapat tersebut.

Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH Bersama Wakil Bupati Mahulu Drs. Y Juan Jenau hadiri Rapat Koordinasi rencana Pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mahulu.

Rapat yang dihadiri juga Wakil Bupati Mahulu Drs. Y Juan Jenau, Pj Sekda Dr. Stepahnus Madang, S.Sos., MM, Bupati Mahulu menambahkan Oleh sebab itu guna mengantisipasi atau menunjang urusan pelayanan terhadap pencegahan dan penanggulangan bencana yang terorganisir, perlu adanya SKPD/OPD yang dapat mengakomodir pelayanan terhadap dampak yang timbul oleh terjadi bencana di daerah.

“Dan yang terpenting juga BPBD ini merupakan perpanjangan tangan Pemerintah Pusat, dalam hal upaya penangulangan bencana baik itu dalam cakupan daerah maupun nasional, terutama dalam penerimaan bantuan guna percepatan dalam penanggulangan bencana di daerah,”kata Bupati. 

Bupati mengharapkan, BPBD Kabupaten Mahulu segera terbentuk sesuai dengan aturan yang berlaku, mengingat sekarang ini juga baik Mahulu maupun secara nasional sedang dilanda bencana non alam yaitu Covid-19.

“Saya inginkan ini segera diproses, sesuai dengan mekanisme yang ada, agar apabila terjadi bencana segala sesuatu yang berhubungan dengan hal tersebut, bisa terakomodir dengan baik, bencana bisa ditangani dengan cepat karena adanya satu organisasi yang mengurus, seperti sekarang ini kita lagi mengalami bencana covid-19 yang perlu penanganan cepat,”harap Bupati.

Sejalan dengan hal tersebut Pj. Sekretaris Daerah Dr. Stephanus Madang, S.Sos.,MM, menyampaikan sebagaimana arahan Bupati Mahulu BPBD Kabupaten Mahulu perlu dibentuk dan segera.

“Sebagaimana harapan dari Kepala Daerah, bahwa ini perlu dan dibutuhkan dibentuk. Dan akan segera kita lakukan kajian, sesuai dengan kebutuhan daerah,”ucap Sekda

Sekda menambahkan, selanjutnya tinggal dilakukan langkah-langkah untuk melakukan percepatan pembentukan.

“Tentunya besar harapan kita Kabupaten Mahulu kedepan segera terbentuk satu lagi organisasi yang khusus menangani permasalahan bencana di daerah, yang juga bersinergi secara hirarki dengan Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat,”tandasnya.

Dalam rapat ini hadir pula, Asisten I Bidang Pemerintah dan Humas Ir. H. Dodit Agus Riyono, MP, Asisten II Bidang Ekonomi Sosial dan Pembangunan E.Tek Hen Yohanes, S.Pd, Kepala Dinas Perhubungan Toni Imang. S.Sos.,MM, Kepala Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD) Gerry Gregorius, SE.,M.Si., AK dan sejumlah pejabat lainnya.(HMS8/td)

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda