BUPATI MAHULU IKUT VIDEO CONFERENCE MUSRENBANG RKPD TAHUN 2021 PROV. KALTIM

0
164

UJOH BILANG – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh,SH mengikuti Video Conference (Vidcon) bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) dalam rangka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Prov.Kaltim Tahun 2020 di Ruang Rapat Kantor Bappelitbanda. Selasa (28/4)

Kegiatan tersebut di pimpin langsung oleh Gubernur Kaltim Dr. Ir. H. Isran Noor,M.Si
sekaligus membuka Musrenbang Prov. Kaltim Tahun 2020 dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Prov. Kaltim tahun 2021.

Dengan menghadirkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas RI, Ketua DPRD Kaltim beserta anggota, anggota DPRRI Dapil Kaltim Dr. Awang Faroek Ishak, Bupati/Walikota se Kaltim, serta Kepala OPD, Di akhir acara di lakukan penandatanganan berita acara hasil kesepakatan Musrenbang Prov. Kaltim tahun 2020, dalam rangka penyusunan RKPD Prov. Kaltim tahun 2021.

Dalam sambutan Gubernur Kaltim Dr. Ir. H. Isran Noor,M.Si menyampaikan, penyusunan RKPD Kaltim tahun 2021 merupakan implementasi tahun ke tiga RPJMD Kaltim 2019 – 2023, dengan tema pembangunan Kaltim pada tahun 2021 adalah menumbuhkan industri hilir yang mendukung ekonomi kerakyatan dan ekonomi kawasan.

“Tema ini selaras dengan tema rencana kerja pemerintah pusat atau nasional tahun 2021, yakni meningkatkan industri pariwisata di berbagai wilayah didukung oleh investasi, keselarasan tema pembangunan nasional dan provinsi ini tentunya menjadi pola dasar dasar bagi masuknya program pembangunan dan pendanaan dari pemerintah Prov. Kaltim dengan pusat,”jelas Gubernur.

Dalam kesempatan Vidcon tersebut, Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH menyampaikan, terkait kondisi infrastruktur jalan jembatan sebagai akses utama antar kabupaten dan desa yang masih sangat membutuhkan perhatian dari pemerintah pusat.

”Tentu sebagai daerah yang baru kita pasti mengetahui semua, Bapak-bapak dari Bapenas kemudian dari kemendagri dan Pak Gubernur, bahwa kondisi kami adalah sangat kekurangan dari semua sisi, infrastrutur, semua sektor kami serba kekurangan terutama jalan, akses utama jembatan yang menghubungkan kami dengan ibukota Prov. Kaltim,”jelas Bupati.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH yang di dampingi Wabup. Drs. Y. Juan Jenau, Sekretaris Daerah Dr. Stephanus Madang,S.Sos,MM mengatakan lebih lanjut, di tengah keterbatasan infrastruktur jalan yang hingga kini masih di hadapi Mahulu, tentu menghambat pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Sehingga kami karena belum ada jalan dan jembatan yang belum bisa di gunakan dengan baik yang sudah di persentatif maka kami tetap menggunakan jalur sungai untuk mengirim kebutuhan sembako dan lainnya ke Mahulu, dimana hal ini kami sangat mengalami kesulitan ketika terjadi banjir besar dan kemarau panjang maka akses air tidak dapat di gunakan,”jelas Bupati.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH juga meyampaikan beberapa usulan strategis berdasarkan hasil Musrenbang tingkat kampung, kecamatan hingga kabupaten yang tertuang dalam RKPD tahun 2021.

“Prioritas utama pembangunan yang kami butuhkan adalah tentunya pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, listrik, air bersih, itu kebutuhan-kebutuhan infrastruktur dasar yang sudah kami usulkan,”tutup Bupati.

Turut hadir mendampingi Bupati pada Vidcon, Wabup. Drs. Y. Juan Jenau, Sekretaris Daerah Dr. Stephanus Madang,S.Sos,MM.(Hms11/td)

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda