BUPATI RESMIKAN BUPER SEBAGAI PUSAT KARANTINA

0
636

Kejujuran dan kesadaraan Masyarakat merupakaan kunci mencegah Covid19

UJOH BILANG– Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh, SH meresmikan penggunaan Bumi Perkemahan (Buper) Pramuka Tana’ Mekaam Jaya Sebagai pusat karantina pencegahaan Virus Corona Disease (Covid19) di Kabupaten Mahulu. Senin (27/04).

Meskipun Kabupaten Mahulu sampai saat ini masih dinyatakan sebagai zona hijau, namun langkah preventif terus dan tetap dilakukan guna mencegah penyebaran covid-19 ke Mahulu. Di mulai dari pembentukan Tim gerak Cepat (TGC) dilanjutkan dengan penyemprotan Disfektan massal, pembagian Vitamin, himbauan dan Operasi Gabungan bersama TNI dan Polri dalam mengedukasi kepada Masyarakat.

Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh, SH dalam Sambutanya mengatakan Pemkab Mahulu telah menyiapkan gedung pusat karantina bagi ODP dan orang-orang yang telah melakukan perjalanan dari luar kota.

“hal ini ditujukan untuk memfokuskan orang-orang yang baru melakukan perjalanan maupun perjalanan dinas ke luar kota, agar memastikan bahwa orang yang telah melakukan perjalanan tersebut, tidak membawa dan menularkan virus”,tegas Bupati

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH yang di dampingin Wakil Bupati Mahulu Drs. Y Juan Jenau dan Pj. Sekda Mahulu DR. Stephanus Madang meresmikan Penggunaan Buper Sebagai Pusat karantina yang ditandai dengan pemotongan pita dan dihadiri juga Ketua Kwatir Cabang Gerakan Pramuka Kakak Benediktus Wisdiadi, SE  (foto:Albertus Ding).

Bupati menanbahkan hal terpenting dalam pencegahaan selain antisipasi dan langkah yang telah dilakukan Pemerintah yang terpenting adalah kejujuran masyarakat itu sendiri.

“kejujuran dan kesadaran masyarakat menjadi kunci utama kita dapat mencegah penyebaran virus ini, masyrakat yang telah melakukan perjalanan ke luar daerah harus jujur mengenai riwayat perjalanan yang telah dilakukannya”. Tambah Bupati

Lebih Lanjut disampaikan Bupati sejak pandemi ini berubah status menjadi KLB di provinsi Kalimantan Timur, penyebaran paling utama disebabkan oleh perjalanan ke kota yang telah terkena dampak.

“Untuk itu saya memohon bagi masyarakat Mahakam Ulu, jika tidak ada kepentingan yang sangat mendesak, janganlah melakukan perjalan ke luar daerah (Mahulu) hingga masa pandemi ini berakhir”,Jelas Bupati

Usai meresmikan Bupati Bonifasius Belawan Geh, SH didampingi Wakil Bupati Drs. Y. Juan Jenau; PJ. Sekda Mahulu DR. Stephanus Madang meninjau langsung pusat Karangtina Covid-19, di dampingi (foto : Roslina Hurai Tekwan)

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Kesehatan,Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Drg. Agustinus Teguh Santoso, M.Adm.Kes menyampaikan bahwa kegiatan itu bertujuan untuk menegakkan intruksi Bupati no 188.6 /3513/dinkesp2kb-puIII2020 mengenai upaya-upaya penanggulangan covid-19 di kabupaten Mahulu.

“Kita berkumpul di bumi perkemahan untuk mengadakan peresmian pusat karangtina penangulan Covid-19 di kabupaten Mahakam Ulu dan perlu kami sampaikan tujuannya untuk menjaga keamanan dan situasi kondusif masyarkat karena saat ini banyak masyarakat yang merasa gelisah kalau ada pendatang atau penduduk dari luar masuk di kampung apa lagi secara sembunyi-sembunyi serta ada juga yang di intruksi karangtina di rumah tapi tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan dan mencegah penyebaran virus di masyarakat dengan memberikan idukasi, pembinaan aktifitas kepada penghuni sehingga tidak merasa di karangtina dengan tetap menerapkan prinsif sosial,”jelas Teguh

Turut hadir dalam peresmian Wakil Bupati Mahulu Drs. Y Juan Jenau, PJ. Sekda Mahulu DR. Stephanus Madang, Ketua Kwatir Cabang Gerakan Pramuka Kakak Benediktus Wisdiadi, SE, Kapolsek Long Bagun AKP Purwanto, Danramil Long Bagun Lettu I Wayan Sudiartha, sejumlah kepala OPD, Camat Long Bagun. (HMS7/td)

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda