LANGKAH ANTISIPASI PENYEBARAN COVID-19, PETUGAS SEMPROTKAN DESINFEKTAN DI AREA UMUM

0
96
Petugas DP2KB/TGC melakukan penyemprotan desinfektan di area-area umum.

LANGKAH ANTISIPASI PENYEBARAN COVID-19, PETUGAS SEMPROTKAN DESINFEKTAN DI AREA UMUM

UJOH BILANG – Bentuk nyata mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid 2019), Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB). Sabtu (21/3), sudah mulai melakukan penyemprotan desinfektan di area-area umum, tempat ibadah, balai pertemuan umum dan fasilitas umum lainnya.

Yang mana ini merupakan Instruksi Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH untuk melakukan tindakan preventif kepada Tim Gerak Cepat (TGC) Mahulu dalam rapat koordinasi pencegahan Covid 2019, tanggal 19 Maret yang lalu.

“Ini merupakan langkah-langkah kita dalam membuat antisipasi, terhadap penyebaran Covid 2019. Kita juga sudah membentuk TGC melalui Dinas Kesehatan P2KB, kemudian sudah merumuskan program kerjanya yang sesuai dengan SOP pencegahan Covid-19,” tambah Bupati.

Perlu disampaikan juga sesuai Surat Edaran Bupati Mahulu nomor 188.6/3123/UMUM-TU.P/III/2020, guna upaya pencegahan Covid-19, pada poin ke Dua menegaskan kepada seluruh masyarakat Mahulu mengurangi atau menunda kegiatan atau aktivitas termasuk penyelenggaraan rapat-rapat atau tatap muka yang melibatkan dan menghadirkan banyak orang serta membatasi perjalanan ke luar Daerah terkecuali untuk yang bersifat mendesak dan sangat penting mulai tanggal 19 Maret-11 April 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Drg. Agustinus Teguh Santoso, M.Adm.,Kes mengatakan Seperti yang telah tertuang dalam standar Planing of Action Upaya Pencegahan Covid-19 dari TGC Kabupaten Mahulu.

“Yang paling utama adalah Pemberitahuan Kewaspadaan Virus COVID-19 Tanggal 28 Januari 2020, Rapat Koordinasi Internal Dinas Kesehatan, Puskesmas dan RS Tanggal 03 Maret 2020, Melakukan Pemeriksaan terhadap WNA, Membuat Edaran dan Himbauan Pencegahan COVID-19 Tanggal 04 Maret 2020, Distribusi Logistik di semua unit Pelayanan Kesehatan Wilayah Kab.Mahakam Ulu, (Puskesmas dan RS), Sosialisasi Virus COVID-19 Tingkat Kabupaten tanggal 11 Maret 2020

Selanjutnya melakukan penyemprotan Disinfektan ke tempat-tempat umum,”.hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan P2KB Drg. Agustinus Teguh Santoso, M.Adm.,Kes pada rapat koordinasi pencegahan Covid 2019.(HMS8/td)

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda