KENDALIKAN PTM, DINKES LAKUKAN PEMERIKSAAN ASN DAN TNP

0
154
Petugas kesehatan PKM Ujoh Bilang melakukan pemeriksaan rutin PTM terhadap ASN dan TNP di lingkungan Pemkab Mahulu.

UJOH BILANG – Sebagai upaya dini mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM) Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana Kesehatan (DP2KB) setiap tahun nya rutin melakukan pemeriksaan kesehatan gratis bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Tenaga Non PNS (TNP) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu.

Seperti terlihat pada Rabu (18/3) lalu, Tim tenaga kesehatan dari Puskesmas Ujoh Bilang (PKM) mendatangi kantor Sekretariat, setelah sebelumnya memeriksa kesehatan ASN dan TNP di Kantor Camat Long Bagun.

Pemeriksaan yang bertujuan guna memastikan kesehatan ASN dan TNP tersebut, Meliputi Penyakit hipertensi, jantung, stroke, asma, kanker, kolestrol tinggi serta penyakit kencing manis, guna memastikan kesehatan ASN dan TNP.

Petugas kesehatan PKM Ujoh Bilang melakukan pemeriksaan rutin PTM terhadap ASN dan TNP di lingkungan Pemkab Mahulu.

Di ungkapkan oleh Ruvina Lirung, salah satu tenaga kesehatan, pemeriksaan berupa pengukuran tinggi badan, berat badan, longkar perut, tekanan darah, kadar lemak tubuh, kadar gula darah dan kolestrol.

“Penyakit yang masih banyak kita temui pada masyarakat Mahulu seperti kolestrol tinggi dan hipertensi,”ungkapnya.

Ditambahkan Ruvina lebih lanjut, kegiatan ini juga menyediakan konsultasi untuk mentukkan tindakan pencegahan mengatasi faktor risiko PTM yang ditemukan berdasarkan hasil pemeriksaan, terutama konsultasi gizi dan gaya hidup.

“Jika ada indikasi seperti kolestrol tinggi maka akan kita buatkan resep obat atau di rujuk ke Puskesmas langsung,”jelasnya.

Menurut pengakuan dari salah satu TNP di Sekretariat Ida Royana merasa terbantu, dengan hadirnya tenaga kesehatan, sekaligus menyadarkan ASN dan TNP Mahulu terhadap pentingnya pemeriksaan dini.

“Selain tekanan darah rendah, hasil pemeriksaan saya tadi kolestrol juga tinggi, jadi di sarankan ke Puskesmas terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut,”tuturnya.(HMS11/td)

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda