BUPATI BUKA SOSIALISASI KEBIJAKAN PENGUNAAN BANKEU DAN ADK TA. 2020 BAGI APARATUR KAMPUNG

0
142
Ratusan peserta yang terdiri dari Petinggi, BPK, Kepala Adat serta RT dalam kecamatan Long Pahangai mengikuti Sosialisasi ADK dan Bankeu di Balai Adat Umaq Beluaq. Foto by : Datinfo Humpro.

UJOH BILANG – Rabu (18/2) Pagi. Bertempat di Balai Adat Umaq Beluaq, Kampung Long Pahangai. Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh,SH membuka secara resmi Sosialisasi Kebijakan Pengunaan Bantuan Keuangan (Bankeu) khusus Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Pemkab Mahulu) dan Alokasi Dana Kampung (ADK) Tahun Anggaran 2020 bagi aparatur Kampung.

Kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) tersebut dihadiri ratusan peserta yang terdiri dari Petinggi, Ketua RT, BPK hingga Kepala Adat.

Dalam sambutan Bupati Bonifasius Belawan Geh,SH menjelaskan, sejak menjadi Bupati definitif pertama Mahulu, salah satu program pembangunan pertama yang ia canangkan yakni program pembangunan yang diprakrasai dari bawah, pola pembangunan yang digerakkan oleh warga kampung di bawah binaan pemerintah kampung dan pemerintah kecamatan secara terkoordinasi.

“Untuk mendukung program dimaksud, Saya menyiapkan alokasi anggaran khusus yang kita sebut dengan nomenklatur Program Gerbangmas. Sumber pembiayaannya adalah APBD Kabupaten Mahakam Ulu, yang dibagi ke dalam dua Sub Program penting, yakni ADK dan Bankeu,”ujar Bupati.

Bupati menambahkan, melalui sosialisasi pengenanalan program Gerbangmas di dalam menjalankan roda pembangunan Mahulu bertujuan untuk melengkapi program pembangunan yang di laksanakan melalui prakasai dari atas dan oleh setiap OPD.

“Dengan demikian pola pembangunan yg di prakarsai dari atas oleh setiap opd menjadi sempurna, karena dilengkapi dengan program gerbangmas yang di prakrasai dari dari bawah,”tutur Bupati.

Ratusan peserta yang terdiri dari Petinggi, BPK, Kepala Adat serta RT dalam kecamatan Long Apari mengikuti Sosialisasi ADK dan Bankeu di Balai Adat. Foto by : Datinfo Humpro.

Sementara itu, dalam laporan Kepala DPMK Ubang Nyau,SE mengatakan tujuan digelarnya kegiatan sosialisasi agar aparatur kampung memahami teknis tentang bantuan keuangan pemerintah kampung untuk tahun 2020, dengan mendatangkan narasumber dari DPMK, P2MKM dan P3MD.

“Supaya kedepan pemerintah kampung dapat lebih memahami prioritas pengunaan anggaran dana kampung di Kabupaten Mahakam Ulu, Tahun Anggaran 2020,”ujarnya.

Turut hadir mendampingi Bupati, Kepala Bappelitbanda Dr. Stephanus Madang,S.Sos,MM diwakili Sekretaris Samson Batang,S.Sos,M.Si, Kepala BPKAD Gerry Gregorius,SE,M.Si,Ak, Kadishub Toni Imang,S.Sos,MM, Kepala DPMK Ubang Nyau,SE, Kabag Humas Protokol Yosep Sangiang,SH,M.Si, Kabag Pemerintahan Tamha,SE.(HMS11/Td)

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda