BUPATI BUKA MUSRENBANG RKPD TINGKAT KECAMATAN

0
144
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH memberi arahan sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi ADK dan Bankeu serta Musrenbang RKPD Tahun 2020 di Kecamatan Long Apari. Foto by : Datinfo Humpro.

Murenbang berjenjang agar pembangunan sesuai dengan Kebutuhan Masyarakat

UJOH BILANG – Dalam rangka mewujudkan perencanaan pembangunan daerah, melalui penyerapan usulan maupun program strategis setiap kampung, Pemkab Mahakam Ulu (Mahulu) melalui Bappelitbanda menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2020 tingkat Kecamatan.

Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan 2020 dibuka Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH di Balai Adat Tingang Kuai Kampung Tiong Ohang, Kecamatan Long Apari, Selasa (18/2)

Dalam sambutannya Bupati menuturkan, pelaksanaan musrenbang berjenjang mulai tingkat kecamatan hingga kabupaten bertujuan menentukan jenis-jenis kegiatan paling prioritas, agar kegiatan pembangunan yang dilaksanakan benar-benar memenuhi kebutuhan nyata daerah dan masyarakat.

“Hasil dari musrenbang berjenjang inilah yang menjadi masukan dari pembangunan yang diprakarsai dari bawah. Karena, hasil musrenbang berjenjang dapat menjadi rujukan bagi Bappelitbangda untuk melakukan modifikasi atas usulan pembangunan yang dihasilkan melalui proses teknokratik. Tujuannya agar pembangunan yang dilaksanakan oleh setiap OPD bisa lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat,”jelas Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, semua usulan program yang masuk akan disaring lagi untuk menentukan program mana yang dibiayai melalui APBD masing-masing OPD, Alokasi Dana Kampung (ADK) dan Bantuan Keuangan (Bankeu).

“Pekerjaan ini tentu mengandung kompleksitas yang sangat rumit. Namun kita sudah belajar sejak 4 tahun terakhir untuk semakin menyempurnakan hasilnya. Saya bahkan merasa sangat bangga dengan kegigihan seluruh OPD menyiapkan dokumen perencanaan yang dari tahun ke tahun semakin membaik. Begitu juga dengan kegigihan para aparatur pemerintah kampung di bawah binaan Petinggi dan aparatur pemerintahan kecamatan di bawah binaan Camat,”tutur Bupati.

Ratusan peserta yang terdiri dari Petinggi, BPK, Ketua RT, Tokoh Adat Kecamatan Long Apari mengikuti kegiatan Sosialisasi ADK dan Bankeu TA. 2020 serta pembukaan Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan. Foto by : Datinfo Humpro.

Camat Long Apari Y. Belareq Hujang Naniq mengatakan, sebelum pelaksanaan Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan, pihaknya telah melaksanakan musrenbang tingkat kampung dan Rukun Tetangga (RT) untuk menyusun program yang akan di usulkan pada Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan.

“Kita sudah melaksanakan Musrenbang tingkat kampung dan RT untuk usulan-usulan umum dari Kampung Long Apari seperti jalan, jaringan, rumah layak huni, kita usulkan di Musrenbang RKPD Kecamatan ini,”jelasnya.

Ia mengaku, selama ini masyarakat Long Apari terbantu dengan adanya program Subsidi Ongkos Angkut (SOA) yang di canangkan Pemkab Mahulu, yang digerakkan melalui Dinas Perhubungan, sementara itu masalah umum yang masih di hadapapi Kecamatan di hulu riam ialah transportasi darat yang belum cukup memadai, hingga berdampak pada perekonomian masyarakat.

“Selama ini masyarakat sangat terbantu dengan SOA, biaya transportasi milir mudiknya di bantu pemerintah, beban masyarakat diringankan, tapi setelah kembali ke Kecamatan sering bingung karena harga-harga masih cukup mahal karena belum ada jalan daratnya,”tutupnya.

Pembukaan Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan 2020 diawali mulai dari dua kecamatan hulu riam yakni Kecamatan Long Apari dan Long Pahangai. Sementara itu, pada Jumat (21/2) dilaksanakan di Kecamatan Long Bagun. Selanjutnya Kecamatan Long Hubung pada Senin (24/2) dan Selasa (25/2) dilaksanakan di Kecamatan Laham.

Turut hadir mendampingi Bupati, Kepala Bappelitbanda Dr. Stephanus Madang,S.Sos,MM diwakili Sekretaris Samson Batang,S.Sos,M.Si, Kepala BPKAD Gerry Gregorius,SE,M.Si,Ak, Kadishub Toni Imang,S.Sos,MM, Kepala DPMK Ubang Nyau,SE, Kabag Humas Protokol Yosep Sangiang,SH,M.Si, Kabag Pemerintahan Tamha,SE. (HMS11/Td)

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda