TINGKATKAN KUALITAS PERENCANAAN PEMBANGUNAN

0
220

 

Sekdakab Mahulu Drs. Yohanes Avun, M.Si mewakili Bupati Mahulu saat membuka kegiatan Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPPD)E- Planning dan Pelatihan Penginputan Renstra OPD pada Aplikasi SIPPD Kabupaten Mahulu.

Bepelitbangda Mahulu Gelar Pelatihan dan Sosialisasi E-Planing

SAMARINDA – Dalam rangka terus meningkatkan kulitas perencanaan pembangunan di Mahulu, Pemkab Mahulu melalui Bappelitbangda menggelar Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPPD) E- Planning dan Pelatihan Penginputan Renstra OPD pada Aplikasi SIPPD Kabupaten Mahulu, yang digelar di Hotel Swiss Bell Borneo Lantai II, Samarinda. Senin (10/02)

Kegiatan yang diselenggarakan Bappelitbangda Mahulu, menurut Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekdakab Mahulu Drs. Yohanes Avun, M.Si menegaskan bahwa untuk meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan Mahulu, sehingga memberikan dampak positif yang terstruktur dan terencana secara baik kepada masyarakat, landasan utamanya adalah dengan SIPPD / E-Planning.

” SIPPD/ E- Planning ini harus dilakukan, karena sesuai yang diamanatkan di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017, bahwa penyusunan RPJPD, RPJMD, RKPD, harus dilakukan berbasis e-Planning, dan ini bukti dari keseriusan Pemerintah dan bentuk korelasi dari Pemerintah Pusat, hingga turun ke Pemerintah Daerah,” tegasnya.

Berdasarkan hal ini maka, proses penyusunan dokumen-doukmen perencanaan pembangunan sangatlah memegang peranan penting sehingga kita dapat bekerjasama dalam menerapkan sistem perencanaan yang berbasis elektronik (E- Planning).

Untuk itu Bupati mengharapkan melalui E-Planning, proses dan tahapan perencanaan dari tingkat kampung, kecamatan, dan pokok-pokok pikiran DPRD akan terhimpun secara terencana dan terdokumentasi sesuai dengan tahapan-tahapannya.

”Ini bentuk pengoptimalan partisipasi masyarakat yang akan berdampak pada penggunaan sumber daya secara efesien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan, serta hasil dari perencanaan tersebut akan terintegrasi secara data, sistematis dan tersetruktur, serta memiliki sinkronisasi data yang tepat, dan data record yang dapat disimpan,” harap Bupati.

Sementara itu, Kepala Bappelitbangda Mahulu Dr. Stephanus Madang, S.Sos.,MM yang dalam hal diwakili Sekertaris Bappelitbangda Mahulu Samson Batang, S.Sos.,M.Si didampingi  Kepala Bidang ( Kabid) Perencanaan dan Pengendalian Pembangunan, Penelitian dan Kerjasama Pembangunan ( P4KP) Bappelitbangda Mahulu Rudi Warjono, S.Si, menyampaikan ada beberapa hal yang menjadi tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut, salah satunya yakni Peningkatan kualitas SDM Pemerintah Daerah dalam penguasaan dan pemahaman mengenai Teknologi Informasi dan Peraturan Perundang-undangan.

Kegiatan tersebut dengan narasumber dari Bappeda provinsi dan DEKA Konsultan IT Samarinda akan berlangsung selama 3 (tiga) hari dari tanggal 10 sampai 13 Februari 2020, dengan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 97 orang dan terdiri dari OPD-OPD yang ada dilingkungan Pemerintah Kabupaten Mahulu. Termasuk juga didalamnya SMPN Se Kabupaten Mahulu.(HMS10/td)

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda