MAKSIMALKAN PROGRAM HIBAH, DEMI PERCEPATAN PEMBANGUNAN MAHULU

0
238
Sekretaris Daerah Drs. Yohanes Avun, M.Si melakukan penandatanganan Naskah dan Berita Acara Serah Terima (BAST) Hibah Barang Milik Negara (BMN) Kegiatan Perencanaan Tata Guna Lahan Partipatif dari Hibah Millennium Challenge Corporation (MCC) Pemerintah Amerika, Selasa (21/1) di Ruang Rapat SS, Kementerian PPN/Bappenas Jakarta Pusat. by hms8

Sekda Berharap Pengunaan Prasana yang telah di Hibahkan, dapat dipelihara

JAKARTA – Sekda Mahulu Drs. Yohanes Avun, M.Si mengatakan agar Hibah yang diterima dapat dimaksimalkan penggunaanya tentunya dalam rangka percepatan pembangunan di Mahakam Ulu. Hal ini disampaikan sekda saat menghadiri penandatanganan Naskah dan Berita Acara Serah Terima (BAST) Hibah Barang Milik Negara (BMN) Kegiatan Perencanaan Tata Guna Lahan Partipatif dari Hibah Millennium Challenge Corporation (MCC). Selasa (21/1).

“aset-aset yang dihibahkan perlu kita terus plihara karena ini bukan hanya barang yang diberikan cuma-cuma tapi juga haruslah tepat guna atau bermanfaat bagi percepatan pembangunan di Kabupaten Mahulu,” tegas sekda saat di Ruang Rapat SS, Kementerian PPN/Bappenas Jakarta Pusat.

Lebih lanjut disampaikan Sekda, bagi pihak-pihak atau Organisasi perangkat daerah (OPD) serta Kampung-kampung yang telah mendapatkan hibah ini, agar barang-barang yang dihibahkan ini dipelihara dengan baik, untuk lahan yang akan digunakan Perencanaan Tata Guna Lahan Partisipatif, juga harus konsisten dengan pembangunan yang ada didesa. Karena itu sudah dipetakan jangan sampai bertentangan dengan perencanaan tata kelola wilayah tersebut.

“melalui program ini juga kedepan kampung-kampung yang belum ada tata kelola lahannya bisa kita dukung juga melalui proyek ini yang Berkolaborasi dengan program yang sudah ada seperti ADK dan ADD” tambah sekda.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda)  Dr. Stephanus Madang, S.Sos.,MM program Hibah ini merupakan upaya kerja sama Bappenas bersama Pemerintah Amerika, dalam kontek penguatan perencanaan tata letak desa kemudian tata ruang daerah kabupaten. Jadi kita didukung oleh sarana dan prasarana untuk menunjang Kabupaten Mahulu dalam Perencanaan Tata Guna Lahan Partisipatif (PLUP).

“Selain itu juga dalam ini ada juga program pemberdayaan penguatan ekonomi kemasyarakatannya dan ada juga pembangunan di insfrastruktur fisik, seperti penbangunan tenaga pembangkit listrik mikro hidro di Kecamatan Long Apari dan Long Pahangai,”lanjutnya.

Ia menerangkan, sesuai dengan BAST hibah ini akan diperuntuhkan kepada OPD terkait sesuai tupoksinya masing-masing termasuk Bappeda, Dinas PU, Pertanian dan juga OPD terkait dengan hibah ini.

“Guna menunjang program yang sudah ada di Kabupaten Mahulu yang sesuai dengan program utama kegunaan alat-alat yang dihibahkan ini,”ucapnya.

Dalam kesempatan ini Ia juga menuturkan, tentunya melalui hibah seperti ini kedepan dalam rangka mendukung pendanaan APBD Kabupaten Mahulu, kita akan terus berupaya melalui sumber pendanaan lainnya seperti proyek yang dihibahkan ini.

Tentunya kita berharap kedepan Kabupaten Mahulu terus mendapatakan proyek hibah seperti ini, agar percepatan pembangunan di Kabupaten Mahulu cepat berkembang.

Hal senada juga disampaikan oleh Inspektur Utama Kementerian PPN/BAPPENAS Ir. Wismana Adi Suryabrata. MIA dengan adanya program hibah ini bisa diaplikasikan di daerah masing-masing.

“Kami berharap dengan setelah dihibahkan beberapa peralatan ektronik ini bisa segera diaplikasikan didaerah masing-masing. Dan yang tidak kalah penting melalui hibah ini para pemangku kepentingan terhadap pelakasaan hibah ini di daerah masing-masing bisa memperoleh pengalaman yang baru, guna mendukung percepatan pembangunan di wilayahnya,”harapnya.(HMS8/td)

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda