Pemkab Gelar Perayaan Natal Oikoumene

0
372

Bupati: Perayaan Natal Ini Simbol dari Persatuan Semua Umat

UJOH BILANG – Umat kristiani dari berbagai daerah di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) menghadiri acara Natal Oikoumene yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahulu yang digelar di Lamin Adat Ujoh Bilang, Jumat (10/01) malam lalu.

Penyalaan Lilin Oleh Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh SH

Natal Oikoumene yang mengangkat tema “Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang” ini, dihadiri langsung oleh Bupati Mahulu Bonifasius Bewalan Geh SH, Ketua TP-PKK Yovita Bulan, dan hadir mewakil Keuskupan Agung Samarinda Pastor Wilfridus Samdirgawijaya, Tak ketinggalan, penampilan artis ibukota Maria Priscilla dan juga penampilan kesenian daerah.

Bupati Mahulu dalam sambutannya, menyampaikan atas nama pribadi dan Pemkab Mahulu mengucapkan Selamat Natal dan salam hormat serta terima kasih kepada Umat Kristiani khususnya dan seluruh warga masyarakat kabupaten Mahakam Ulu, yang telah meluangkan waktu untuk hadir dalam penyelanggaraan Natal Oikoumene.

“Perayaan Natal Oikoumene yang kita lakukan ini, sesungguhnya merupakan simbol persatuan dan kedamaian kepada seluruh umat Kristiani dan umat lainnya. Simbol ini merupakan pertanda bahwa kita semua sama di mata Tuhan,” jelas Bupati yang pada acara itu mengawali dengan penyelalaan lilin.

Bupati membacakan sambutannya dalam perayaan Natal Oikoumene

Dikatakan, perayaan Natal Oikoumene merupakan upaya untuk kembali sebagai fitrahnya manusia. Yaitu sebagai makhluk sosial yang hidup berdampingan antar satu dengan yang lainnya, tanpa memandang suku, agama, maupun ras yang dimiliki.

“Tema yang diangkat sangat relevan dengan kehidupan kita sehari-hari. Yaitu, hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang. Melalui ini, kita diajak untuk meletakkan kepentingan pribadi maupun kelompok di bawah kepentingan iman kita. Untuk menjadi sahabat bagi semua orang. Dan atas dasar ini kita diingatkan bahwa menjadi sahabat adalah hasrat untuk mengkoreksi kita dengan semua orang yang didasari penghormatan ketulusan kesetaraan dan cinta kasih,” bebernya.

Sementara itu, Drg Agustinus Teguh Santoso, selaku ketua panitia, menyampaikan Natal Oikoumene ini bertujuan sebagai wujud syukur kepada Tuhan. Selain juga untuk meningkatkan rasa persaudaraan antar gereja gereja yang ada di Kabupaten Mahulu.

“Dalam kesempatan ini juga, perlu kami sampaikan berkaitan dengan Natal Oikoumene dan Tahun Baru 2020, telah diselanggarakan tiga kegiatan utama. Yaitu kegiatan Kampung Natal, Lomba Pawai Natal, dan tadi telah diselanggarakan Misa Kudus yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Keuskupan Agung Samarinda di gereja Ujoh Bilang,” ujarnya.

Sebelum dimulaiinya Perayaan Natal Oikoumene telah digelar Pawai Natal dan juga Missa Kudus Perayaan Natal oikumene yang dipimpin Pastor Wilfridus Samdirgawijaya, Turut hadir dalam perayaan Natal Sekda Mahulu Drs. Yohanes Avun, M.Si, Kapolres Kubar AKBP Roy Satya Putra, Dandim 0912/ Kubar Letkol Inf Anang Sofyan effendi, Dansatgas Pamtas 303 SSM Letkol Inf Taufik Ismail, Asisten II Setkab E Tek hen Yohanes, serta sejumlah pejabat dan tokoh lainnya. (HMS7)

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda