PEMKAB MAHULU USULKAN MILIKI KUOTA HAJI SENDIRI

0
349
Sekretaris Daerah Drs. Yohanes Avun, M.Si. Menyerahkan Cenderamata Kepada Kepala Kemenag Provinsi Kaltim Drs. H. Sofyan Noor, M.Si. by hms8

Kemenag Provinsi Kaltim Satujui Mahulu miliki Kuato Haji

UJOH BILANG – Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), melalui Sekretaris Daerah Drs. Yohanes Avun, M.Si , mengusulkan kepada Kementerian Agama Provinsi Kaltim, agar wilayah Kabupaten Mahulu bisa miliki Kuota Haji sendiri.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Drs. Yohanes Avun, M.Si saat Ramah Tamah dalam rangka silahturahmi Kanwil Kemenag Provinsi Kaltim dengan Pemerintah Kabupaten Mahulu, Kamis (9/1) Malam, di Balai Adat Kampung Ujoh Bilang.

“Selama ini guna menjalankan Rukun Islam yaitu menunaikan Haji, masyarakat Muslim yang berasal dari Kabupaten Mahulu masih mengikuti kuota dari Kabupaten Kubar, jadi bagimana pada tahun 2020 ini Kabupaten Mahulu bisa miliki kuota haji sendiri, dan tentunya dengan harapan jumlahnya bisa ditambah,”ucap Sekda.

Sekda menambahkan, untuk sekarang ini dengan kondisi masih gabung ke Kubar, Mahulu mendapat jatah kuota haji hanya 6-7 orang.

“Ya semoga dengan bisa miliki kuota haji sendiri, jumlah bisa lebih banyak dari sekarang,”harap Sekda.

Menanggapi hal tersebut, gayung bersambut Kepala  Kanwil Kemenag Provinsi Kaltim Drs. H. Sofyan Noor, M.Si juga menyatakan mulai tahun 2020, Kabupaten Mahulu sudah bisa miliki kuota haji sendiri.

“Untuk saat ini Kabupaten Mahulu sudah memiliki user name untuk kuota haji sendiri, jadi ini sudah kita setujui, namun memang masih terkendala oleh jaringan, namun sekali lagi, bagi umat muslim wilayah Kabupaten Mahulu sudah memiliki kuota haji sendiri,”ungkapnya.

Jadi ia menambahkan, memang Kemenag mulai tahun ini untuk Kabupaten Mahulu dikhususkan untuk bisa miliki kuota haji sendiri. Tingkat proses selanjutnya yaitu penguatan jaringan.

“Karena pendaftaran dilakukan secara nasional, diseluruh Kemenag daerah agar bisa mendaftarkan calon yang berangkat hajinya secara online, semuanya transparan dan tentunya harus sesuai dengan aturan yang berlaku, dan sangat bergantung terhadap kuatnya jaringan,”tandasnya.(HMS8)

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda