Pemkab Mahulu Terus Tingkatkan Jangkauan Jaringan Telekomunikasi

0
220

UJOH BILANG – Menginjak usia ke-6 tahun yang masih terbilang belia, Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Pemkab Mahulu) melalui Dinas Komunikasi Statistik dan Persandian terus memperluas jangkauan jaringan telekomunikasinya.

Mengigat jaringan sebagai salah satu faktor pendukung dalam pemerintahan masa kini, dan semakin majunya teknologi yang menuntut sistem dengan basis elektrik.

“Hingga hari ini, pembangunan sektor komunikasi yang ditunjang oleh perangkat komunikasi seluler, juga mengalami kemajuan yang sangat pesat, sinyal memang masih sering mengalami gangguan dan kapasitas terpasang, perangkat menara komunikasi utama belum merata, namun dengan dukungan sistem komunikasi 4G, kita sudah bisa mengirim dan menerima data dan gambar dalam waktu yang sama,” kata Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH, dalam amanatnya di Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-6 Mahulu, yang berpusat di Lapangan Ujoh Bilang, Sabtu (14/12).

Bupati Bonifasius Belawan Geh, SH, menambahkan, Pemkab Mahulu terus berupaya menghadirkan jaringan komunikasi seluler di berbagai kampung dalam wilayah Kabupaten Mahakam Ulu, agar dapat dirasakan masyarakat secara merata.

“Puji Tuhan, hingga tahun 2019 ini, selain di Kampung Ujoh Bilang, Pemerintah Daerah telah menyediakan layanan jaringan seluler di beberapa kampung, yakni kampung Datah Bilang, Noha Buan, Long Kerioq, Noha Silat, Long Apari, Noha Tivab, Long Hubung,” tambah Bupati.

Dilanjutkan Bupati, pembangunan terus ditingkatkan di berbagai aspek, baik pendidikan, kesehatan maupun layanan internet secara bertahap.

“Selain itu, untuk pelayanan adminstrasi pada bidang kesehatan dan pendidikan, Pemerintah Daerah telah menyediakan layanan internet berbasis satelit pada Puskesmas, Pustu, maupun di sekolah. Untuk periode berikutnya, secara bertahap, kita akan terus menyediakan layanan internet dan seluler di semua kampung,” jelas Bupati.

Diungkapkan oleh Kadis Kominfo Nasution Hibau Djaang, SE, kini masyarakat Kecamatan Long Apari, dapat menikmati jaringan seluler.

“Untuk tower yang ada di Long Apari, Alhamdullilah sudah aktif dan masyarakat di sana bisa berkomunikasi dan bertukar kabar dengan saudara mereka yang jauh, kemarin begitu mendengar kabar kita langsung tanggapi tepatnya tanggal 11 Desember kemarin kita kirim tim teknisi untuk memperbaikinya,” jelasnya.

Ia menuturkan, pihaknya terus berupaya agar 2 kecamatan, Long Pahangai dan Long Apari, dapat menikmati jaringan. Penambahan BTS akan dilakukan di Long Apari dan Muara Nyan.

“Kita terus usahakan, kabel fiber optik ini sampai ke wilayah perbatasan, dalam perjanjian bersama pemerintah pusat juga karena ini ranahnya pemerintah pusat juga mudah-mudahan tahun 2020 sudah mulai ke daerah perbatasan, dan kita terus mengupayakan penambahan BTS ini bersama Pak Sekda kita koordinasikan di Deputi I Kepala Staf Kepresidenan terkait hal ini,” ungkapnya.

Di akhir wawancara, Kadis Diskominfo Nasution Hibau Djaang, SE, mengucapkan selamat hari jadi ke-6 Mahulu.

“Kita harap pembangunan selalu jalan bersinergi, dan kita dukung program pemerintah yang ada sekarang ini jadi berkelanjutan, dan ke depan jaringan internet akan terus ditingkatkan, kita terus lakukan koordinasi dengan pemerintah pusat,” tutupnya.(Hms11)

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda