ANTUSIASME MASYARAKAT DATAH BILANG SAMBUT KEDATANGAN BUPATI DAN ROMBONGAN

0
514
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH menyapa dan bersalaman dengan masyarakat Kampung Datah Bilang

UJOH BILANG – Antusiasme masyarakat Kampung Datah Bilang Kecamatan Long Hubung menyambut kedatangan Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh,SH bersama rombongan, dalam rangka Turney Natal Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Pemkab Mahulu) tahun 2019.

Terlihat sejak pukul 3 sore, ratusan masyarakat memadati halaman Gereja Kemah Injil (GKII) untuk menyapa dan bersalaman dengan Bupati serta rombongan, disertai juga puluhan Tokoh Adat Kenyah yang memakai baju adat dan peralatan ritual adat lengkap.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH didampingi Ketua DPRD Novita Bulan,SE,MBA, serta Anggota, Sekretaris Daerah Drs. Yohanes Avun,M.Si, Kemenag Mahulu, Kepala OPD dan Camat Long Hubung disambut dengan ritual adat penyambutan secara Dayak Kenyah

Sebelum melaksanakan ibadah, Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH didampingi Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan,SE,M.BA, Sekda Drs. Yohanes Avun,M.Si, Kepala OPD serta Camat Long Hubung mengikuti ritual adat penyambutan yang dipimpin oleh tetua / tokoh adat Kampung Datah Bilang Lie Usat.

Diungkapkan oleh Lie Usat, ritual adat sebagai wujud sukacita masyarakat menyambut kehadiran Pejabat Pemkab Mahulu, yang mengunjungi Kampung Datah Bilang.

“Ritual adat ini istilahnya untuk membuang penyakit Bapak Bupati dan rombongan, supaya selalu sehat-sehat dan terhindar dari hal-hal buruk dalam menjalankan tugas,”jelasnya.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH didampingi Ketua DPRD Novita Bulan,SE,MBA, serta Anggota, Sekretaris Daerah Drs. Yohanes Avun,M.Si, Kemenag Mahulu, Kepala OPD dam Camat Long Hubung disambut dengan ritual adat penyambutan secara Dayak Kenyah

Selain itu esensi lain dari prosesi ritual adat tersebut juga, agar Kampung Datah Bilang senantiasa selalu aman, damai dan tentram.

“Kita pakai ayam putih, yang artinya putih bersih dari hal-hal buruk, harapannya begitu juga dikampung ini,”tuturnya.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH menyapa dan bersalaman dengan masyarakat Kampung Datah Bilang

Ia mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada Bupati beserta rombongan, yang telah besedia datang merayakan ibadah Natal bersama masyarakat Kampung Datah Bilang.

“Terimakasih Bapak Bupati sudah datang di Kampung Datah Bilang ini,”tuturnya.

Di akhir ritual adat tersebut juga, Tokoh Adat Dayak Kenyah Lie Usat menyematkan cinderamata / pakaian adat, mulai dari topi yang terbuat dari rotan, Kalung yang terbuat dari manik, serta rompi yang berukirkan ukiran Dayak Kenyah kepada Bupati Bonifasius Belawan Geh,SH beserta rombongan.(HMS11/td)

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda