Bupati Buka Rakor Petinggi dan BPK Se-Mahulu

0
197

UJOH BILANG – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH, membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Petinggi dan Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) se-Kabupaten Mahakam Ulu, yang berlangsung di Balai Adat Ujoh Bilang, Kamis (12/12).

Rakor yang berlangsung selama sehari penuh tersebut, mengagendakan penyampaian penjelasan program dan kebijakan Pemerintah Daerah tahun 2020 dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan kampung, sinkronisasi dan penyatuan presepsi Petinggi dan BPK dalam melaksanakan program kegiatan tahun 2020 mendatang, juga evaluasi kegiatan berjalan tahun 2019.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH memberikan arahan usai membuka Rapat Koordinasi Petinggi dan BPK Se – Mahakam Ulu. Foto By : Datinfo Humpro.

Dalam sambutannya Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH, mengatakan, tujuan Rakor sebagai wadah evaluasi bersama terkait kinerja sistem tata kelola pemerintahan kampung.

“Seluruh ciri khas sistem tata kelola pemerintahan kampung yang kita kembangkan sejak tahun 2016 yang lalu sudah mencapai tahap yang semakin sempurna, APBKampung Tahun Anggaran 2020 akan kita sahkan pada bulan Desember ini, sedangkan APBKampung tahun anggaran 2019 yang sedang berjalan ini akan segera kita tutup pada tanggal 31 Desember mendatang,” kata Bupati.

Undangan dan peserta Rapat Koordinasi Petinggi dan BPK Se – Mahakam Ulu. Foto by : Datinfo Humpro.

Bupati Mahulu juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh Petinggi, BPK, Tim Gerbangmas, Camat dan OPD yang telah bahu membahu berkerja sama demi tercapainya sistem tata kelola pemerintahan kampung, sesuai dengan target kinerja yang disepakati bersama.

“Sebagai wujud konkret dari apresiasi dan ucapan terima kasih, saya juga menyampaikan kepada saudara sekalian bahwa dana APBD untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan serta pemberdayaan kampung tahun anggaran 2020 ini sudah siap kita cairkan secara lebih dini dibandingkan tahun–tahun sebelumnya,” tambah Bupati.

Peserta Rakor Petinggi dan BPK Se – Mahakam Ulu. Foto by : Datinfo Humpro.

Dijelaskan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Ubang Nyau, SE, dalam melaksanakan tugas dan fungsi Petinggi dan staf selalu berpondasi dengan unsur BPK sebagai mitra dalam mengambil kebijakan strategis, mengingat BPK merupakan perwakilan masyarakat.

“Dengan menjalankan fungsi koordinasi yang baik, maka Petinggi dan BPK diharapkan dapat berjalan seiring lebih efektif ke depan, sebagai informasi juga peserta Rakor ini terdiri dari OPD, BPK dan Petinggi se-Mahulu, dengan narasumber dari Kejaksaan Negeri Kutai Barat, Tenaga Gerbangmas dan tenaga ahli P3MD ProvIndi Kaltim,” tutupnya.

Rakor tersebut dihadiri juga oleh Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, SE, MBA, Sekretaris Daerah Drs Yohanes Avun, MSi, Kapolsek dan Koramil Long Bagun, Kepala OPD dilingkungan Pemkab Mahulu serta Camat, dan Tim Gerbangmas.(hms11)

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda