BUPATI RESMIKAN PATEN DI KECAMATAN LONG APARI

0
561
Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh,SH meresmikan ruangan PATEN kecamatan Long Apari ditandai dengan pemotongan pita. Foto by : Datinfo Humpro.

Peningkatan Pelayanan prima, cepat dan mudah bagi Masayarakat

UJOH BILANG – Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Pemkab Mahulu) terus berupaya memberikan pelayanan secara cepat dan mudah, khususnya bagi masyarakat perbatasan dihulu riam, dalam hal administrasi agar dapat memiliki Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Perizinan usaha, tanpa harus mendatangi pusat perkantoran di ibu kota Ujoh Bilang.

Salah satu wujud nyata dari perhatian pemerintah, Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH, turun langsung meresmikan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) yang digagas bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Mahakam Ulu di Kampung Tiong Ohang, Kecamatan Long Apari, Sabtu (7/12).

Penandatanganan Prasasti Peresmian Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Kecamatan Long Apari oleh Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH. Foto by : Datinfo Humpro.

Peresmian tersebut, ditandai dengan penandatanganan prasasti, serta pemotongan pita oleh Bupati Bonifasius Belawan Geh, SH, dilanjutkan dengan meninjau loket pelayanan administrasi.

Dalam sambutan Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH, mengatakan program PATEN berdasarkan undang – undang Nomor 23 Tahun 2014, yang di implementasikan melalui Surat Keputusan (SK) Bupati Mahulu Nomor 800.05.100/K.146/2019 tentang pelimpahan kewenangan pemerintahan dari bupati kepada camat.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH meninjau langsung kesiapan ruangan PATEN kecamatan Long Apari. Foto by : Datinfo Humpro.

“Untuk melakukan jenis-jenis pelayanan yang sederhana, cepat dan murah sebagai pusat pelayanan masyarakat dalam mewujudkan desentralisasi pelayanan publik,” jelas Bupati Mahulu.

Dikatakan Bupati Mahulu, melalui kebijakan pelayanan administrasi yang mudah dijangkau di kecamatan masing-masing, diharapkan dapat meringankan tenaga maupun biaya masyarakat.

“Hal inilah yang mendasari pemerintah untuk mengeluarkan suatu program yang disebut PATEN, jenis pelayanan yang dilakukan merupakan administratif, yang mengerucut ke bidang perizinan, maupun non perizinan,” tutur Bupati.

Sementara itu, dalam laporan Asisten Bidang Pemerintahan dan Humas (Asisten I) Ir Dodit Agus Ryono, MP, menjelaskan tujuan utama untuk mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat agar lebih efektif dan efisien, dalam rangka optimalisasi kualitas dan akuntabilitas kinerja pemerintah dalam hal pelayanan publik.

“Kami menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pak Camat dan jajarannya yang mau bekerja keras dan belajar sehingga bisa siap melakukan pelayanan, tentunya ini juga melalui arahan-arahan penting Bapak Bupati, sehingga ini semua bisa berjalan dengan baik, diharapkan semua proses bisa selesai dilakukan di kecamatan, menghemat biaya waktu dan tenaga,” harapnya.

Diungkapkan oleh Camat Long Apari Y Belareq Hujang Naniq, agar pelayananan dapat berjalan maksimal, pihaknya telah mempersiapkan ruangan serta TNP khusus di bidang administrasi.

“Tanggal 18 bulan lalu, tenaga administrasi sudah dilatih dibekali pengetahuan langsung oleh Disduk Capil, Bappeda dan Perizinan Mahulu,”tuturnya.

Hadir mendampingi Bupati dalam peresmian, Kadis Perhubungan Toni Imang, S.Sos,M.Si, Kadis PUPR Yohanes Andi Abeh,S.Sos,MSi, Kepala DP2KB, Drg Agustinus Teguh Santoso,M.Adm,Kep, Kadis DKPP Sarifudin, SE.(HMS11/td)

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda