PEMBENTUKAN GUGUS TUGAS KLA

0
388

UJOH BILANG – Wakil Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Drs. Y. Juan Jenau menghadiri Pembentukan Gugus Tugas Kabupaten/ Kota Layak anak (KLA) di Aula Paroki Santo Petrus Ujoh Bilang, Rabu (4/12).

Kegiatan merupakan tindak lanjut dari Advokasi yang sebelumnya telah dilaksanakan pada 20 November lalu di ruang rapat Kantor Bappelitbangda. Dalam agenda menyusun strategi dan perencanaan pembangunan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) secara menyeluruh dan berkelanjutan sesuai dengan indikator KLA.

Wakil Bupati Drs. Y. Juan Jenau menyampaikan arahan tertulis Bupati Bonifasius Belawan Geh,SH. Foto by : Datinfo Humpro.

Dalam sambutan Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH yang disampaikan Wabup Drs. Y. Juan Jenau menuturkan, mewujudkan Kabupaten Mahulu Layak Anak membutuhkan peran dan tanggung jawab seluruh stakeholder.

“Sudah selayaknya kita sebagai pemangku kebijakan wajib menciptakan kabupaten ini sebagai KLA, dengan menciptakan lingkungan yang dapat mengaspirasi hak anak melalui tujuan, program, kegiatan dan kebijakan Pemerintah Daerah,”jelas Bupati Mahulu.

Wakil Bupati Drs. Y Juan Jenau bersama Asisten Bidang Pemerintahan dan Humas (Asisten I) Ir. Dodit Agus Riono,MP menandatangani komitmen bersama Mahulu Kabupaten Layak Anak.

Dikatakan Bupati lebih lanjut, agar program yang dirancang dapat tepat sasaran bagi anak-anak, organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terlibat untuk dapat menjalin koordinasi secara intens.

“Wajib berkoordinasi dengan Bappelitbangda, untuk menyiapkan rancangan kerja dengan menerapkan strategi pengarusutamaan hak anak melalui Musrenbang yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan, termasuk forum anak,”harap Bupati.

Peserta pembentukan Gugus Tugas Mahulu KLA.

Bupati berpesan agar dalam penyusunan program maupun kegiatan benar-benar dengan perencanaan dan pertimbangan yang matang.

“Seperti hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan seni budaya serta perlindungan khusus terhadap anak,”tegasnya.

Wakil Bupati Drs. Y Juan Jenau didampingi Asisten I Ir. Dodit Agus Riono,MP foto bersama peserta pembentukan Gugus Tugas KLA.

Sementara itu, dalam laporan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Emiliana Dai yang diwakili Sekretaris Tingang Himang,S.Pd menjelaskan, kegiatan akan berlangsung selama 2 hari, dengan jumlah peserta sebanyak 65 orang yang terdiri dari OPD,Organisasi perempuan, juga perwakilan dari kepala sekolah SMP dan SMA dilingkungan Pemkab Mahulu, mendatangkan fasilitator serta narasumber dari tim KLA Prov. Kaltim, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Pembentukam kelompok kerja Pengarusutamaan Gender (PUG).

“Kegiatan pembentukan gugus tugas KLA bertujuan untuk memperkuat peran dan kapasitas pemerintah kabupaten/kota dalam mewujudkan pembangunan dibidang tumbuh kembang dan perlindungan anak,”tutupnya.

Di akhir acara, Wabup Drs. Y. Juan Jenau bersama Asisten Bidang Pemerintahan dan Humas (Asisten I) Ir. Dodit Agus Riono,MP, serta seluruh peserta undangan menandatangani komitmen Mahulu KLA.

Hadir dalam acara, Kapolsek Long Bagun Purwanto, Danramil Long Bagun I Wayan Sudarsono, Kadisdik Feridiana Hendoq,S.Pd, Sekretaris Bapenda Lusiana Hiroh, Kepala Kemenag Mahulu Longginus, Kepala RSP GSM dr. Angela,P.T,.(HMS11/td)

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda