11 KELOMPOK TANI 2 KECAMATAN HULU RIAM TERIMA 14 UNIT ALSINTAN

0
238
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH secara simbolis menyerahkan Alsintan kepada Kelompok Tani yang diterima Ketua Kelompok Tani Kecamatan Long Pahangai 2.

Tingkatkan produksi dengan memanfaatkan teknologi petanian

UJOH BILANG – 11 Kelompok Tani di dua Kecamatan Hulu Riam, yakni Kecamatan Long Pahangai dan Long Apari menerima 11 unit Alat Mesin Pertanian (Alsintan).

Pemberian bantuan dari Pemerintah Pusat yang disalurkan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Mahakam Ulu (Mahulu) tersebut, di serahkan secara simbolis oleh Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH kepada 7 Kelompok Tani di Kecamatan Long Pahangai, dan 4 Kelompok Tani di dalam Kecamatan Long Apari.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH secara simbolis menyerahkan bantuan Alsintan kepada Kelompok Tani Kecamatan Long Apari. Foto by : Datinfo Humpro. 

Dalam sambutan Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH mengatakan, dengan memanfaatkan teknologi pertanian dengan baik dan benar, dapat memacu peningkatan produksi pertanian di Mahulu.

“Semoga alat yang diberikan pemerintah bisa memudahkan dan membantu Kelompok Tani di Mahulu,”harap Bupati.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH juga berpesan agar masyarakat dapat menjaga dan memanfaatkan bantuan alat-alat tani sebaik mungkin, agar tepat sasaran dan tepat guna.

“Kelompok Tani di Mahulu ini sudah banyak diberikan Alsintan, saya harap peralatan ini digunakan sebaik mungkin sesuai dengan fungsinya dan jangan di alih fungsikan,”tegas Bupati.

Sementara itu, dalam laporan Kepala DKPP Sarifudin,SE menuturkan, di dalam Kecamatan Long Pahangai sendiri terdapat 4 unit pengolahan hasil Kakao, 3 unit dari DKPP dan 1 unit dari Kemendes.

“Bantuan mesin dari DKPP ini satu unit belum difungsikan, yang ada di Kampung Long Tuyoq, 2 unit Long Pahangai 1 dan Long Isun sudah menghasilkan produk Kakao, ini tidak dipungut biaya apapun, semata-mata untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, dan untuk bantuan mesin yang baru diberikan Insyallah tanggal 11 Desember alat ini akan berada di Kecamatan Long Pahangai, dan tanggal 12 di Kecamatan Long Apari, saya harap dapat dikelola dengan baik,”tutupnya.

Di ungkapkan oleh Ketua Kelompok Tani Kecamatan Long Pahangai 2 Fransiskus Mering mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan-bantuan alat tani juga pelatihan yang diberikan Pemerintah Pusat dan Pemkab Mahulu selama ini.

“Alsintan ini semakin memudahkan kami petani, sangat berguna sekali, akses jalan ke lahan nya juga sudah bagus, dan untuk fokus utama tani di Long Pahangai 2 ini Kakao dan padi / beras ladang, kalau untuk Kakao bijinya di olah jadi serbuk nanti dijual ke pengepul, kalau untuk padi/beras ladang sekarang masih kita konsumsi sendiri kita harap kedepannya bisa kita jual ke luar,”harapnya.

Selain Alsintan, bantuan dari pemerintah kepada Kelompok Tani juga berupa bibit ikan lele, kolam terpal dan pakan ikan, yang diterima Kelompok Tani Seratah Murun dari Kampung Tiong Ohang Kecamatan Long Apari.(HMS11/td)

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda