LOMBA KULINER TRADISONAL JADI AJANG MEMPERKENALKAN MASAKAN MAHULU

0
320
Wakil Ketua TP PKK Martina Luaq Juan, SKM, bersama Ketua DWP Anastasia Dang Avun dan Kepala Bidang Konsumsi Pangan dan  Keanekaragaman, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Juliana, selaku dewan juri, mencicipi dan menilai masakan tradisional.

UJOH BILANG – Perwakilan lima Kecamatan di Kabupaten Mahakam Ulu antuasias mengikuti lomba Kuliner Tradisonal. Kegiatan tersebut adalah bagian untuk meramaikan Festival Hudoq Cross Border 2019, yang berpusat di Lapangan Ujoh Bilang.

Terlihat sejak pukul 08.00 Wita, Jumat (35/10/3019), peserta dari Kecamatan Long Bagun, Long Apari, Long Pahangai dan Long Hubung bergegas menyiapkan berbagai olahan masakan tradisonal khas Mahakam Ulu di stan masing-masing.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Martina Luaq Juan, SKM, bersama Ketua DWP Anastasia Dang Avun dan Kepala Bidang Konsumsi Pangan dan  Keanekaragaman, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Juliana, selaku dewan juri, terlihat di salah satu stan sedang mencicipi dan menilai masakan.

“Dari segi penyajian dan rasanya bagus, dan harus ditingkatkan lagi ke depan,” ungkap Wakil Ketua TP PKK Martina Luaq Juan, SKM, usai mencicipi masakan.

Sementara itu, Kadisparpora Kristina Tening mengapresiasi partisipasi masyarakat Mahakam Ulu dalam menyukseskan Festival Hudoq Cross Border 2019 dengan ikut serta dalam berbagai perlombaan.

“Kesempatan ini sebagai ajang untuk saling silaturhami juga untuk memperkenalkan cita rasa makanan lokal khas Mahulu, saya harap masyarakat yang terlibat bisa meningkatkan lagi dan mempertahankan budaya kita,” ungkapnya.

Selain mencicipi, dewan juri juga memberikan masukan-masukan kepada peserta lomba. Dari segi kreativitas penyajian makanan, nilai gizi makanan hingga cara mengolah.

Adapun bahan-bahan makanan dan minumannya diambil dari kekayaan alam di Mahulu. Seperti umbut rotan, daun singkong, daun nyaring, adanya pengganti nasi seperti lemang, kue akar sampai, keripik ubi jalar, juga ubi atau singkong.(Hms11)

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda