GERBANGMAS P2MKM, Memacu Pertumbuhan Ekonomi dari Kampung

0
646
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH menyampaikan arahannya sekaligus membuka Pelatihan Penyegaran Tenaga Pendamping Kampung Program Daerah GERBANGMAS Kabupaten Mahulu, P2MKM. By hms8

UJOH BILANG – Program Daerah Gerakan Pembangunan Masyarakat Adil Sejahtera (GERBANGMAS) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kampung Mandiri (P2MKM), adalah sebuah langkah besar, prakarsai dan laksanakan bersama untuk memacu pertumbuhan ekonomi wilayah dengan pendekatan dari tingkat Kampung.

Hal tersebut disampaikan Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH saat membuka Pelatihan Penyegaran Tenaga Pendamping Kampung Program Daerah GERBANGMAS Kabupaten Mahulu, P2MKM, di Ballroom Hotel Harris Samarinda , Minggu (1/9).

“Dalam konteks ini, pelaku utamanya adalah Pemerintahan Kampung, yang didukung oleh segenap jajaran perangkat, pendamping dan seluruh warga masyarakat Kampung,”tambah Bupati.

Bupati melanjutkan, yang sumber anggarannya berasal dari APBD Kabupaten Mahulu, yang terbagi ke dalam dua jenis anggaran utama, yakni Alokasi Dana Kampung dan Bankeu.

“Selain itu, Program Gerbangmas P2MKM juga diperkuat oleh dana yang bersumber dari APBN, yakni Dana Kampung/Desa, dengan besaran anggaran tahunan untuk setiap kampung rata-rata sekitar Rp. 1 milyar lebih, di tambah lagi dari sumber pembiayaan lain, seperti dana yang berasal dari Pendapatan Asli Kampung juga ikut memperkuat dukungan dana bagi kegiatan ini,”ungkap Bupati.

Bupati menjelaskan, dengan pengerahan jumlah anggaran yang cukup besar, maka Program Gerbangmas P2MKM tentu tidak dapat dilakukan dengan cara yang sama seperti melaksanakan program yang bersifat sektoral tunggal, diperlukan sinergi antara seluruh elemen jajaran Pemerintah Kabupaten Mahulu, mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan sampai tingkat Kampung.

“Sejauh yang Saya ketahui, Pemerintah Kabupaten Mahulu adalah termasuk diantara kelompok Pemerintah Daerah yang memberikan alokasi dukungan dana yang cukup besar bagi upaya pembangunan dan pemberdayaan masyarakat kampung,”tandas Bupati. (hms8)

 

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda