Kafilah MTQ Mahulu Resmi Diberangkatkan

0
388
Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setkab Mahulu Bulan Anyeq, S.Pd.SD menyerahkan Kaligrafi Karya Peserta Kalifah Mahulu Asisten I Bidang Pemerintah dan Humas Drs. Lilik Yohanes Peng, M.AP didampingi oleh Ketua LPTQ Mahulu Ir. H. Dodit Agus Riyono, MP. by hms8

UJOH BILANG – 43 Orang Kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) asal Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), secara resmi diberangkatkan menuju Kabupaten Paser, guna mengikuti MTQ Ke-41 Tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam kesempatan ini para peserta di lepas Bupati Mahulu yang di Wakili oleh Asisten I Bidang Pemerintah dan Humas Drs. Lilik Yohanes Peng, M.AP, di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Long Bagun. Jumat (23/8) Pagi.

Asisten I Bidang Pemerintah dan Humas Drs. Lilik Yohanes Peng, M.AP didampingi oleh Ketua LPTQ Mahulu Ir. H. Dodit Agus Riyono, MP, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setkab Mahulu Bulan Anyeq, S.Pd.SD, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian Nasution Himbau Djaang, SE, pengurus Masjid Al-Yasin Long Bagun H. Yasin, Camat Kecamatan Long Bagun Yason Liah. S.Hut. berfoto bersama para peserta Kafilah MTQ Mahulu. by hms8

Dalam sambutan Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH yang dibacakan oleh Asisten I menyampaikan, MTQ seharusnya dipandang bukan hanya sebagai acara serimonial saja, dan bukan hanya sebagai lomba dalam seni membaca Alquran.

“Tetapi seharusnya penyelenggaraan MTQ nanti merupakan suntikan energi bagi umat Islam Indonesia khususnya bagi masyarakat Mahulu, untuk mengaplikasikan makna-makna di dalam Alquran ke dalam kehidupan sehari-hari bagi umat muslim,”tambahnya.

Oleh karena itu ia melanjutkan, sejak awal Masyarakat Mahulu terlibat dalam ajang ini, Pemerintah Kabupaten Mahulu selalu mendukung dan memberikan dorongan dalam kegiatan keagamaan. Karena nilai-nilai keagamaan merupakan nilai-nilai dasar yang harus diaplikasikan dalam kehidupan.

“Saat lantunan ayat suci Alquran yang kalian bacakan nanti, sudah sepatutnya kita merenungkan dan memahami makna dari ayat tersebut. Lalu kemudian setelah itu, kita menjalankan petunjuk di dalam Alquran untuk memperkokoh akhlaku karimah, membangun kehidupan yang beragam, dan menerapkan ide-ide besar, ide-ide mulia di dalam Alquran untuk kemaslahatan umat dan masyarakat Mahulu khususnya dalam mendukung Pembangunan secara luas di Kabupaten Mahulu,”terangnya.

Sementara itu Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setkab Mahulu Bulan Anyeq, S.Pd.SD menjelaskan bahwa para Kafilah ini merupakan hasil dari seleksi MTQ tingkat Kabupaten Mahulu Perdana di Kampung Datah Bilang pada bulan April yang lalu.

“Peserta Kafilah yang mengikuti MTQ tingkat Provinsi merupakan hasil seleksi dari MTQ tingkat Kabupaten, yang digelar pada bulan April yang lalu,”terangnya.

Ia juga menuturkan kurang lebih 2 (dua) minggu para peserta Kafilah telah berlatih di Masjid Al-Yasin Long Bagun Ulu.

“Di Kabupaten Paser nanti kita akan mengikuti Enam Kategori lomba yaitu Kategori Tartil, Tilawah, Kaligrafi, Tahfidz, Syarhil Quran dan Makalah Al Qur’an,”ucap Kabag Kestra.

Dalam kesempatan ini hadir pula oleh Ketua LPTQ Mahulu Ir. H. Dodit Agus Riyono, MP,  Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian Nasution Himbau Djaang, SE, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setkab Mahulu Bulan Anyeq, S.Pd.SD, pengurus Masjid Al-Yasin Long Bagun H. Yasin, Camat Kecamatan Long Bagun Yason Liah. S.Hut,MP dan para peserta Kafilah MTQ Mahulu.(hms8).

 

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda