Pemkab Berikan Beasiswa Gerbang Cerdas Mahulu

0
1223
Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH, yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Drs. Yohanes Avun, M.Si Menyerahkan Secara Simbolis Beasiswa Kepada Salah Satu Penerima. by HMS8

Upaya Tingkatkan Sumber Daya Manusia

UJOH BILANG – Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Pemkab Mahulu), meluncurkan beasiswa Gerbang Cerdas Mahulu yang dipersembahkan bagi masyarakat Mahulu.

Pelaksanaan peresmian Beasiswa Gerbang Cerdas tersebut berlangsung di di ruang Rapat Kantor Bappelitbangda Mahulu pada Senin (3/12).

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH secara langsung meresmikan Program Beasiswa Gerbang Cerdas Mahulu, yang kala itu menjelaskan, pemberian beasiswa Gerbang Cerdas sebagai upaya pemenuhan Sumber Daya Manusia yang berkualitas di Kabupaten Mahulu.

Peruntukan Beasiswa Gerbang Cerdas Mahulu yang juga disebut GCM ini, dimaksudkan untuk diperkenalkan dan ditetapkan untuk menjadi kegiatan rutin.

Metode memberikan biaya pendidikan dengan ciri-ciri khusus, yang dapat diidentifikasi secara mudah bagi seluruh masyarakat, khusunya masyarakat di Kabupaten Mahulu.

Dalam sambutannya, Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH menyatakan, pemberian beasiswa ini merupakan salah satu bentuk upaya Pemkab Mahulu untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Mahulu.

“Pemerintah Kabupaten terus berupaya untuk memajukan pendidikan formal bagi anak-anak maupun putra-putri asal Kabupaten Mahulu yang membutuhkan,” ujarnya.

Untuk itu, Pemkab Mahulu menghadirkan kemudahan-kemudahan bagi seluruh masyarakat untuk menuntut pendidikan formal, melalui membuat sebuah program beasiswa Gerbang Cerdas Mahulu.

“Pentingnya wajib belajar 12 tahun hingga pendidikan pada tingkat perguruan tinggi,” ungkapnya.

Bupati juga menambahkan, beasiswa adalah pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan, mahasiswa atau pelajar yang digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh.

“Beasiswa dapat pula diartikan sebagai bentuk penghargaan yang diberikan kepada individu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” ujarnya.

Bupati juga menjelaskan, beasiswa adalah sebuah kesempatan yang diberikan bukan karena kepandaian seseorang ataupun kecerdasannya.

“Beasiswa diberikan kepada orang yang mempunyai kekuatan untuk berjuang menjemput impian mereka baik orang tersebut tergolong pandai, biasa, kaya ataupun miskin,” urainya.

Sementara itu, ditambahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mahulu, Veridiana Hendoq, S.Pd, menyatakan, program beasiswa GCM ini sebagai bentuk kepedulian dan perhatian Pemkab Mahulu terhadap peningkatan pendidikan bagi masyarakat.

Menurut dia, program beasiswa GCM ini sebagai bentuk kepedulian dan perhatian Pemkab Mahulu terhadap peningkatan pendidikan bagi  masyarakat, yang diberikan kepada putra-putri Mahulu.

“Sebagai langkah untuk membuka kesempatan yang adil dan seluas-luasnya kepada masyarakat Mahulu, agar dapat memperoleh pendidikan yang lebih tinggi,” katanya.

Ia menambahkan, program beasiswa ini akan di kelola secara terpadu, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Mahulu.

Adapun jenis beasiswa yang akan diberikan antara lain adalah beasiswa umum, yang diberikan kepada pelajar, berupa biaya pendidikan yang meliputi beasiswa prestasi dan beasiswa tidak mampu.

Dan ada juga pemberian beasiswa khusus yang diperuntukan kepada siswa dan mahasiswa Mahulu. “Dipilih berdasarkan prestasi dalam didikasinya untuk membangun Kabupaten Mahulu,” ujarnya.

Serta untuk jenis ketiga, Kadis Pendidikan, nyatakan, beasiswa program kerjasama adalah beasiswa yang diberikan calon penerima melalui seleksi berdasarkan program kerjasama khusus dengan satuan pendidikan atau lembaga yang melalui MoU yang telah disepaki dengan pemerintah daerah.

“Semoga dengan adanya program beasiswa ini, dapat menghadirkan SDM yang unggul di Kabupaten Mahulu, demi majunya daerah ini kedepan, agar dapat bersaing dengan daerah lainnya,”harapnya. (HMS8)

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda