Bupati Mahulu Resmikan Pembangunan di Kampung-kampung Seluruh Kecamatan Long Apari

0
763
Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh, SH menandatangani Prasasti Peresmian ADK di Kampung - kampung Se - Kecamatan Long Apari.Foto By Baim

UJOH BILANG – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh SH, meresmikan kegiatan pembangunan Kampung-kampung di Kecamatan Long Apari untuk tahun anggaran 2017-2018.

Pelaksanaan tersebut dibuat di Lamin Adat Marang Seputan Kampung Long Penaneh I, Kecamatan Long Apari pada Selasa (27/11).

Peresmian pembangunan kampung tersebut bagian dari program Alokasi Dana Kampung (ADK) dan Alokasi Dana Desa (ADD), yang juga merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten Mahulu, yang disebut juga Gerakan Pembangunan Masyarakat Adil dan Sejahtera (Gerbangmas).

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH memotong Pita Peresmian Balai Adat Kampung Long Penaneh 1.Foto By Baim

Sebelum pelaksanaan peresmian ini Bupati Mahulu menyempatkan diri untuk mengunjungi atau meninjau pembangunan di masing-masing kampung walaupun tidak semuanya, dikarenakan terkendala oleh waktu dan jarak namun Bupati merasa senang karena dapat mengunjungi warganya secara langsung. Serta langsung bisa melihat hasil dari pembangunan yang berada di kampung.

“Kami bersama rombongan mulai kemaren sudah mengunjungi kampung yang berada di Kecamatan Long Apari mulai dari Kampung paling hulu,” ujarnya.

Kata dia, Kampung Long Apari hingga ke Kampung Long Penaneh dilihat secara langsung pembangunan fisiknya, yang termasuk dalam program ADK dan ADD.

“Saya sangat senang dan berterimakasih atas upaya yang telah dilakukan oleh para Petinggi dan jajarannya dalam pembangunan yang telah dilaksanakan,” ujarnya.

Bupati menjelaskan, bahwa ADD merupakan alokasi dana yang diperuntuhkan untuk pembangunan Kampung atau Desa melalui APBN yang ditentukan oleh luas wilayah dan kebutuhan Kampung sebesar Rp 1 sampai Rp 1.3 Milyar per tahun.

Namun melalui APBD melalui program yang telah dibuat yaitu ADK yang diperutuhkan untuk setiap kampung pertahunnya, Rp 1 sampai Rp 2 Milyar.

“Kita harapkan ADK dan ADD ini betul-betul digunakan untuk pembangunan di dalam kampung seperti pembangungan fisik jalan, pembangunan gedung dan fasilitas umum yang menunjang aktivitas masyarakat di Kampung tersebut,” tuturnya.

Bupati sangat berharap, untuk tahun berikutnya penggunaan ADK maupun ADD ini dapat di tingkatkan lagi.

“Laksanakanlah program-program yang lebih menyentuh langsung dengan peningkatan ekonomi kerakyatan, masyarakat kampung,” tegasnya.

Sementara itu ditambahkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) S. Lawing Nilas, S.Pd bahwa untuk Alokasi Dana Kampung untuk tahun 2017 sebagai berikut, yang berasal dari ADK-APBD sebesar Rp. 103.592 Milyar dan ADD-APBN Rp. 46.407 Milyar.

“Sementara itu untuk tahun 2018 prolehan ADK untuk masing-masing kampung se Kecamatan Long Apari, untuk ADK-APBD Rp. 17.721 Milyar, ADD–APBN Rp. 11.164 Milyar dan Bantuan Kabupaten (Bankeu)-APBD Rp. Rp. 2.907,” tuturnya.

Ia juga mengharapkan, semoga dengan adanya anggaran ini dan telah digunakan untuk pembangunan di kampung-kampung yang berada di Kecamatan Long Apari ini, bisa bermanfaat banyak untuk masyarakat, ini merupakan bentuk kecintaan Bupati kepada masyarakat Mahulu, Khususnya di daerah perbatasan ini.

Dalam kesempatan tersebut mendampingi Bupati hadir pula Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Mahulu Ny. Yovita Bulan Bonifasius, Asisten I Bidang Pemerintah dan Humas Drs. Lilik Yohanes Peng, M.AP, Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, SE. (HMS8)

*Pembangunan 10 Kampung se Kecamatan Long Apari meliputi:*

– Pembangungan jalan 1730 meter

– Rehab Rumah tidak layak huni 98 Unit.

– Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni 5 Unit.

– Listrik 94 unit

– Poskamling 5 Unit

– Jembatan 11 Unit

– Tangga Titian 8 Unit

– Pagar 47 meter

– Drainase 727 meter

– MCK 97 Unit

– Sarana olahraga 9 Unit

– Pasar Kampung 2 Unit

– Kantor LPHD 1 Unit

– Sarana air bersih 423 Unit

– Gerdu Sekolah Pos Sekolah 1 Unit.

– Rumah Singgah 1 Unit

– Mesin Produksi (Kakao, Padi) 6 Unit

– Dermaga Tambatan Perahu 12 Unit.

– Turap Sungai 70 meter

– Lamin Adat 1 Unit

– Sarana pembuangan limbah rumah 23 Paket

– Renovasi BPU 1 Unit

– Pembersihan Lokasi.

– Pemungkiman 1 Paket

– Rehab Kantor Petinggi 6 Unit.

– Pengadaan Alat Pengeras Suara 1 Paket.

– Alat Angkut Sampah 1 Unit

– Sarpras Perbengkelan 1 Paket.

– Mesin Molen 2 Unit.

– Prasarana Perikanan 80 Paket

– Pembangunan non fisik lainnya.

Share berita ini:

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda