HADIRI WEBINAR BPSDM KEMENDAGRI, WABUP AJAK BERSAMA – SAMA WUJUDKAN DESA BERSINAR DI MAHULU

0
95
Wakil Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Drs. Yohanes Avun, M. Si, mengikuti Webinar Peran Pemerintah Desa / Kampung dalam Mewujudkan Desa / Kampung Bersih dari Narkoba (BERSINAR) yang di gelar oleh Badan pendidikan Sumber Daya Manusia  (BPSDM) Kemendagri Republik Indonesia, Secara Virtual.

UJOH BILANG – Wakil Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Drs. Yohanes Avun, M. Si, mengikuti Webinar Peran Pemerintah Desa / Kampung dalam Mewujudkan Desa / Kampung Bersih dari Narkoba (BERSINAR) yang di gelar oleh Badan pendidikan Sumber Daya Manusia  (BPSDM) Kemendagri Republik Indonesia, secara virtual / zoom meeting. Rabu (23/6).

Saat dijumpai usai mengikuti kegiatan tersebut dijelaskan oleh Wabup Desa Bersinar adalah salah satu upaya pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba di Desa yang dikelola secara mandiri oleh pemerintah Desa bersama dengan masyarakat Desa.

“Tujuan Desa bersinar Untuk meningkatkan pendampingan masyarakat Desa dalam penyelenggaraan fasilitas Desa Bersinar yang di kelola secara partisipatif, terpadu dan berkelanjutan dengan berbasiskan pendayagunaan sumber daya di Desa,” ungkapnya

Wabup menambahkan, yang jelas program ini Pemkab Mahulu sangat mendukung terkait dengan mewujudkan Desa Bersinar, terutama dalam rangka mencegah dan pemberantasan Narkoba dari desa.

 

“Untuk kedepan di Kabupaten Mahulu, bagaimana jalur-jalur masuk narkoba ini benar-benar dapat kita jaga karena di Mahulu ini cuman ada dua jalur yaitu darat dan sungai. Ada pun jalur udara satu akses saja,” katanya.

Lebih lanjut Wabup mengatakan, Jalur yang memiliki potensi masuknya narkoba nantinya perlu diperketat, dan mengajak peran Pemerintah Kampung serta seluruh stakeholder lainya dapat terlibat dan peduli dalam pemberantasan, pencegahan Narkoba ditingkat kampung.

“Yang terpenting adalah bagaimana kita sama-sama peduli dan jujur tentang pencegahan dan pemberantasan narkoba ini kalau itu sudah bisa kita lakukan, saya yakin narkoba ini tidak akan masuk dan beredar di Kabupaten Mahulu,”

Wabup mengajak, mari bersama-sama bukan hanya tugas Pemkab atau Pemerintah Kampung tapi ini tugas kita bersama bisa melihat dan menjadi tameng bagi  desa/kampungnya agar kedepan perwujudan dari desa bersinar ini bisa terwujud.

Pesan untuk Pemerintah Kampung jangan bosan-bosan lakukan sosialisasi kepada warga tentang bahaya narkoba ini baik secara langsung maupun melalui spanduk.

“dan lebih aktif lagi jalin kerja sama dengan jajaran anggota Polsek setempat, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Desa dan Puskesmas demi terwujudnya desa bersinar di Kabupaten Mahulu,” tandasnya.(HMS/aim/td)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here