UJOH BILANG – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH., M.E melalui Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan E. Tekhen Yohanes membuka launching dan sosialisasi Aplikasi Seindah Pustaka dan Forum Gemar Membaca, Selasa (30/11), di ruang Pertemuan Gedung SMPN 1 Long Bagun.

Menurut Asisten saat dijumpai awak media, aplikasi sangat baik dan sesuai dengan zaman sekarang yang hampir semua serba menggunakan aplikasi digital.

“Aplikasi seperti ini sangat membantu dari pihak sekolah dalam hal mengelola perpustakaan. Kalau ini bisa digunakan semua sekolah di Mahulu sehingga perpustakaan yang ada nanti di sekolah-sekolah bisa maksimal dengan adanya aplikasi ini,”harapnya.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs. E. Tekhen Yohanes pada saat membuka launching dan sosialisasi Aplikasi Seindah Pustaka dan Forum Gemar Membaca

Yang terpenting lagi tambahnya, melalui aplikasi ini dapat mendorong minat para pelajar kembali lagi membaca.

“Dan mempermudah untuk mencari bahan-bahan untuk menambah wawasan baik itu pelajaran yang sesuai dengan studinya maupun buku bacaan lainnya,”ucapnya.

Sementara itu diterangkan oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setkab Mahulu, Kresensius Charles, aplikasi ini diperuntukkan guna untuk meningkatkan minat baca dari para pelajar di sekolah-sekolah di wilayah Mahulu.

“Melalui aplikasi ini para pelajar bisa langsung meminjam buku dari Perpustakaan dan melalui E-book bisa langsung membaca di tempat, tanpa harus pergi ke perpustakaan yang mungkin jauh dari tempat tinggalnya,”jelasnya.

Ia juga menyampaikan ke depan juga aplikasi ini akan terus dikembangkan, yang nantinya bisa digunakan oleh masyarakat luas, yang bukan hanya dipakai oleh para pelajar saja.

Nanti kita akan sosialisasikan juga ke Pemerintah Kampung, agar masyarakat kampung setempat bisa juga menggunakan aplikasi ini.

“Kemudian dari pemerintah Kampung mempersiapkan Perpustakaannya atau stan bacaan yang sewaktu dapat dikunjungi oleh masyarakat kampung,”katanya.

Pada akhirnya melalui aplikasi ini, diharapkan minat baca dari anak-anak usia sekolah semakin meningkat.

“Terutama pada masa serba digital ini banyak anak-anak main Gadget tanpa pengawasan, sehingga kurang sekali keinginan untuk membaca, semoga dengan adanya aplikasinya para orang tua terutama pihak sekolah bisa mendorong lagi minat baca anak-anak dalam hal membaca,”tandasnya.(Prokopim/Aim/td)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here