MAHAKAM ULU – Gerak cepat Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Pemkab Mahulu) dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi korban kebakaran di Kampung Long Bagun Ilir RT.02 Kecamatan Long Bagun, melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKP2KB) membangun posko kesehatan di lokasi terjadinya kebakaran. Jumat (14/01/2022)

Sejak pagi hari masyarakat berkumpul untuk memeriksakan kondisi kesehatan dirinya, posko kesehatan yang dibuka dari pagi hingga sore hari dipusatkan di lokasi kebakaran tersebut menyediakan layanan kesehatan pemeriksaan dan juga obat-obatan.

Disampaikan Kepala Dinas Kesehatan P2KB Drg. Agustinus Teguh Santoso,M.Adm,Kes, melalui Pimpinan Puskesmas Ujoh Bilang Drg. Melkior Pancasiyanuar menyatakan, berdirinya posko kesehatan di lokasi kebakaran untuk memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat yang menjadi korban langsung maupun yang mengalami trauma.

“Posko berdiri dengan bantuan masyarakat dan tenaga kesehatan dari Puskesmas Ujoh Bilang, Pustu long bagun ulu, long bagun ilir dan juga dinas kesehatan dan untuk obat-obatan pun ada dari Puskesmas Ujoh Bilang dan Instalasi Farmasi Kabupaten (IFK),”kata Pimpinan PKM Ujoh Bilang.

Lebih lanjut Pimpinan Puskesmas Ujoh Bilang Drg. Melkior Pancasiyanuar menuturkan, tenaga kesehatan yang bertugas di posko tersebut akan memberikan pelayanan medis dan pengobatan umum bagi para korban, selain itu juga proaktif mendatangi ke rumah-rumah para korban terutama para lansia yang tidak dapat mendatangi posko kesehatan

Diharapkan dengan adanya posko bantuan dapat membantu para korban kebakaran sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit karena dampak musibah kebakaran.

“Kita melakukan dua shif sampai sore hari, dari catatan pemeriksaan yang ada keluhan seperti pusing, tekanan tinggi, batuk, mual, namun sejauh ini tidak ada gejala yang berat,”tutur Pimpinan PKM Ujoh Bilang.(Prokopim/len/td)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here