MAHAKAM ULU – Pasca terjadinya musibah kebakaran di Kampung Long Bagun Ilir Kecamatan Long Bagun, Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh,SH,ME turun langsung meninjau lokasi dan korban kebakaran. Jumat (14/01/21)

Pukul 12.00 WITA Bupati didampingi Kadis Sosial P2PA, Emiliana Dai, S.KM.,M.Adm,Kes, Kadis Trantibbum Lawing Nilas, S.Pd, Inspektur Inspektorat Budi Gunarjo Ompusunggu,SE,Ak,MM,CA,AAP, Camat Long Bagun Yason Liah,S.Hut.,MP, Petinggi Long Bagun Ilir Lorensius mengunjungi korban sekaligus meninjau lokasi kebakaran yang berada di RT.02 Kampung Long Bagun Ilir.

Pada kesempatan tersebut juga Bupati Bonifasius Belawan Geh,SH,ME secara simbolis menyerahkan bantuan dana pribadi yang diterima langsung oleh korban kebakaran.

Bupati Bonifasius Belawan Geh, SH.,ME mengatakan, secara pribadi dan mewakili Pemkab Mahulu turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya  atas terjadinya musibah kebakaran yang menimpa masyarakat Long Bagun Ilir.

“Saya menyampaikan ucapan duka atas kejadian ini khususnya kepada keluarga almarhum yang menjadi korban, kita pasrah atas nama iman dan kepercayaan kita kepada Tuhan bahwa ini sudah digariskan oleh yang kuasa, kita serahkan jiwa dari korban ini kepada Tuhan yang maha kuasa, semoga beliau mendapat tempat yang layak disisi Tuhan dan di ampuni segala salah dan dosanya,”kata Bupati.

Ditambahkan Bupati, masyarakat diminta untuk dapat meningkatkan kewaspadaan akan bahaya kebakaran dengan cara mengontrol kompor dan mematikan alat elektronik apabila sudah tidak digunakan lagi, disamping itu penggunaan alat elektronik rumah tangga juga memiliki resiko tinggi terhadap kebakaran, karena kebanyakan peristiwa kebakaran terjadi berawal dari arus pendek listrik.

“Saya sangat berharap kepada kita semua masyarakat agar berhati-hati dengan api, hal-hal yang bisa menyebabkan api ini menjadi besar tolong kedepannya menjadi perhatian kita bersama supaya tidak terjadi lagi musibah seperti ini, apalagi yang sangat kita sesalkan bahwa musibah ini merenggut korban, ada keluarga kita, anak kita yang menjadi korban dari kebakaran itu hal yang jangan sampai lagi terjadi kedepan,”imbau Bupati.

Bupati berharap kepada para korban yang tertimpa musibah kebakaran dapat diberikan kekuatan dan kesabaran. “Untuk keluarga yang tertimpa musibah ini saya mohon kesabaran, ini musibah bagi kita kerugian yang begitu banyak, kita hanya berdoa kepada Tuhan supaya memberikan kekuatan dan rejeki yg melimpah supaya bisa membangun kembali rumah kita, dan juga tetap jaga kesehatan,”harap Bupati.

Kapolsek Long Bagun melalui Wakapolsek Iptu Aan Anwari mengatakan, telah terjadinya musibah kebakaran yang menimpa masyarakat Kampung Long Bagun Ilir RT. 02 Kecamatan Long Bagun pada hari Jumat tanggal 14 Januari 2022, sekira pukul 01.00 Wita kebakaran menyebabkan 11 rumah dan 1 Balai Adat hangus terbakar.

“Untuk kronologi selengkapnya dari pihak kanit reskrim Polsek Long Bagun dalam hal ini sudah mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan untuk korban meninggal dunia satu orang dan telah dikebumikan di pemakaman Kampung Long Bagun Ilir, untuk proses selanjutnya karena ini dalam masa penyelidikan , kita menunggu dari tim identifikasi Polres Kutai Barat dalam hal ini untuk olah TKP di tempat kejadian perkara ini sehingga kita pasang police line supaya tidak berubah dan tersentuh oleh warga masyarakat,”kata Wakapolsek.

Ditambahkan Wakapolsek Iptu Aan Anwari, kebakaran menyebabkan satu orang korban meninggal dunia atas nama Antonius Allingo berusia 20 tahun dan berjenis kelamin laki-laki.

“Secara pribadi dan atas nama Polsek kita mengucapkan belasungkawa kepada korban dan kepada pihak rumah yang terdampak kebakaran apabila ada barang-barang berharga berupa surat menyurat yang penting maupun buku bank ijazah KTP mohon nanti di koordinir oleh pihak petinggi nanti kita keluarkan surat kehilangan barang untuk mengurus ke instansi masing-masing,”tutup Wakapolsek.( Prokopim/len/td)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here