BUPATI TEBARKAN RIBUAN BENIH IKAN DISUNGAI ALAN

0
190
Bupati Bonifasius Belawan Geh,SH menebarkan benih ikan di Sungai Alan Kilometer 21 Kampung Batu Majang. Foto by : Datinfo Humpro.

Bertujuan memperkaya dan meningkatkan sumberdaya perikanan dan menjadikan sungai alan wilayah konservasi perikanan

UJOH BILANG – Dalam rangka mendorong budidaya perikanan Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh,SH melakukan penebaran ribuan benih ikan di Sungai Alan yang berada di Kilometer 21 Kampung Batu Majang. Sabtu (13/03)

Trut serta dalam penebaran benih ikan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Yovita Bulan Bonifasius, Wakil ketua TP. PKK Anastasia Dang Avun, dan juga Dansatgas Pamtas Yonif 614/RJP Mayor Inf Indar Irawan.

Bupati Bonifasius Belawan Geh,SH menuturkan, penebaran benih ikan kembali ke alam bertujuan untuk memperkaya dan meningkatkan sumber daya perikanan, dan menjadikan Sungai Alan sebagai wilayah konservasi perikanan.

“Pada hari ini kita memulai untuk menjadikan Sungai Alan ini sebagai sungai konservasi untuk Perikanan, dengan cara menebar bibit ke dalam sungai ini,”kata Bupati.

Bupati menambahkan, konservasi perikanan yang berada di Sungai Tepai Kampung Long Tuyoq Kecamatan Long Pahangai dapat menjadi contoh budidaya oleh masyarakat yang sukses dan hasil panen yang sudah banyak di nikmati masyarakat sekitar.

“Itu satu contoh yang berhasil, bagaimana cara mereka merawat ikan dan sungai itu sehingga ikan-ikan nya menjadi banyak dan terpelihara dengan baik, ini mungkin kalau teman-teman dari Batu Majang mau bisa Study Banding kesana supaya sungai ini bisa menghasilkan ikan yang banyak untuk masyarakat kita,”tambah Bupati.

Bupati Bonifasius Belawan Geh,SH berharap, pengurus kampung, petinggi lembaga adat dan tokoh-tokoh masyarakat dapat bergotong rotong untuk menjaga populasi ikan yang berada di Sungai Alan, salah satunya dengan cara tidak meracuni ikan, dan memanen secara berlebihan.

Ketua TP PKK Kabupaten Yovita Bulan Bonifasius bersama Wakil Anastasia Dang Avun menebarkan benih ikan di Sungai Alan Kilometer 21 Kampung Batu Majang. Foto by : Datinfo Humpro.

“Boleh di kelola untuk Kampung Batu Majang yang penting bibit benih ini nantinya sudah saatnya untuk di panen dan dan dijual tidak apa-apa, yang penting jangan sampai di ambil sendiri secara pribadi dalam jumlah yang banyak kemudian di komersilkan itu yang menjadi masalah, seperti di Tepay kalau masyarakatnya mau cari untuk makan tidak masalah silahkan tapi harus dengan ijin juga, jadi tolong pelihara sungai ini dengan ikan-ikan nya, kalau ini berhasil akan kita tambah lagi berjuta-juta anak ikan ditabur di Sungai Alan ini,”tutur Bupati.

Petinggi Batu Majang mengucapkan terimakasih kepada Bupati Bonifasius Belawan Geh,SH dan Ketua TP PKK Yovita Bulan Bonifasius yang telah memilih Sungai Alan Kilometer 21 menjadi wilayah konservasi budidaya ikan.

Dan ucapan terimakasih untuk Ibu Ketua TP PKK dan Bapak Bupati yang sudah menebar benih ikan di Sungai Alan ini, dan juga sudah memilih ini menjadi tempat pelaksanaan acara pisah sambut Ketua dan Wakil Ketua TP PKK.

Lanjut disampaikan pentinggi berpesan kepada masyarakat Kampung Batu Majang khususnya  yang berada di Kawasan Sungai Alan. “Mari kita jaga apabila ketemu ikan-ikan yang baru ditebar, tolong dilepaskan dulu dan jangan dipanen biarkan mereka berkembang biak dahulu supaya berkembang lebih banyak lagi, ”tutup Petinggi.(HMS11/2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here