BUPATI MAHULU IKUTI PEMBEKALAN KEPEMIMPINAN

0
101
Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh, SH pada saat mengikuti Pembekalan Kepemimpinan Pemerintah Dalam Negeri Bagi Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/ Wakil Walikota Petahana Tahun 2021.

DIGELAR BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BPSDM) KEMENDAGRI DILAKSANAKAN SECARA VIRTUAL DAN TATAP MUKA

SAMARINDA – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH mengikuti Pembekalan Kepemimpinan Pemerintah Dalam Negeri Bagi Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/ Wakil Walikota Petahana Tahun 2021.

Acara  yang digelar oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tahap pertama secara virtual melalui video conference, bertempat ruang Sapphire lantai 3 Hotel Mercure. Senin (07/06/2021)

Pembekalan kepemimpinan yang dibuka Mendagri Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D. yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara tersebut adalah acara yang memang menjadi amanah dalam Kemendagri, salah satu tugas dari Kemendagri salah melakukan pengembangan SDM dan khusus berkaitan juga dengan tugas untuk melaksanakan pemindahan pengawasan pemerintahan daerah, baik eksekutif maupun legislatif. “Salah satunya adalah penguatan kemampuan para pemimpin eksekutif daerah/ kepala daerah,” kata Mendagri.

Mendagri menjelaskan khusus gelombang pertama ini untuk petahana karena ada yang petahana ada juga yang baru.

“ Saya minta pada BPSDM bedakan materi untuk yang petahana dengan kepala daerah yang baru, karena petahana jam terbang sudah ada, sudah memahami sehingga gelombang pertama untuk petahana,” jelas Mendagri.

Mendagri pun mengharapkan agar materi- materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut menambah pengetahuan para peserta pembekalan.

“Kita menginginkan materi- materi yang disampaikan dalam kegiatan ini nantinya dapat memperkaya pengetahuan dan kemampuan bapak – bapak dan ibu – ibu  sekalian dalam menghadapi tantangan kedepan sehingga bisa sukses dan selamat,” harap Mendagri.

Sementara itu, Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH menyambut baik dan mendukung adanya kegiatan pembekalan kepimpinan yang digelar Kemendagri ini.

“Berterima kasih dan bersyukur karena program kegiatan ini menambah wawasan dan ilmu kita tentang banyak hal,  baik program atau aturan – aturan bagaimana yang harus kita terapkan dalam memimpin daerah, untuk itu kita mendukung adanya kegiatan ini,” ujar Bupati.

Lanjut disampaikan Bupati, Pembekalan Kepala Daerah Kali ini berbeda, pada periode pertama dilaksanakan hanya 2 hari, namun kali diperiode kedua ini selama 8 hari yakni pertama melalui virtual selama 5 hari dan ditambah nantinya selama 3 hari untuk tatap muka.

“Materinya bagus karena bersentuhan langsung masyarakat. Intinya aturan main wajib dikuasai dan kita tahu, jadi apa yang kita kerjakan itu tidak salah harus sesuai dengan Aturan seperti RPJM, visi misi dan lainnya,” ujar Bupati lagi.

Turut hadir mendampingi saat pembekalan kepemimpinan, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Mahulu, Wenefrida Kayang, S.Sos., M.Si, Kepala Bidang Pengadaan, Promosi dan Pengembangan Karier ASN BKPP Mahulu Defri Afrianto, S.STP dan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setkab Mahulu Yosep Sengyang, SH., M.Si.

Untuk diketahui Pembekalan Kepemimpinan Pemerintah Dalam Negeri Bagi Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/ Wakil Walikota Petahana Tahun 2021, berlangsung selama 5 hari yakni mulai dari tanggal 7 hingga 11 Juni 2021. Adapun materi dalam Pembekalan hari pertama ini, dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama mengenai Isu Strategis Otonomi Daerah dan Permasalahannya, dan berikutnya mengenai Pembinaan Politik dan Demokrasi Lokal Pasca Pilkada. Sedangkan pada sesi kedua mengenai Isu Strategis Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan selanjutnya mengenai Perencanaan Pembangunan Daerah (RPJMD) dan RKPD.(HMS/tha/td)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here