MAKASSAR – Setelah mendengar paparan dari pihak Dekan Universitas Hasanuddin (Unhas), banyak sekali, potensi-potensi atau banyak sekali hal-hal yang berbanding lurus dengan program-program yang telah atau akan berjalan di Pemkab Mahulu. 

Hal ini disampaikan Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, usai melakukan silaturahmi dan audiensi dengan Pihak Universitas Hasanuddin Makassar di Ruang Senat Lantai 2 Gedung Rektorat Unhas, Makassar, Kamis (16/12). 

“Kerja sama ini menjadi referensi bagi kami guna melihat kegiatan atau program apa saja. Melalui OPD terkait, yang akan kita lakukan penguatan atau pengembangan melalui kerjasama ini,” kata Bupati. 

Ia berharap, dikomandoi oleh Sekda, Pemkab Mahulu segera membuat pemetaan apa saja yang akan dikolaborasikan dengan pihak Unhas.

“Diharapkan juga dalam waktu dekat, hal-hal apa saja yang diluar dari sektor pengembangan SDM tadi, bisa segera dikolaborasikan terutama juga dalam pengembangan SDA perkebunan dan sebagainya,” katanya. 

Sementara itu, ditambahkan oleh Sekda Mahulu Stephanus Madang, kerjasama nantinya bukan hanya dari SDM atau pembuatan Produk Hukum saja namun bisa juga dalam bidang lain yang luas contohnya dalam budidaya kakao. 

“Mulai dari tahap produksi sampai tahap pengemasan produk yang berbahan dasar kakao yang memang potensi ini sudah tersedia, namun belum ada yang maksimal dalam mengolahnya menjadi produk jadi, yang tentunya lebih ekonomis tinggi,”kata Sekda. 

Ia mengaku sangat antusias mendengarkan paparan dari pihak Unhas, yang berkaitan dengan pengembangan produk lokal yang berbasis pada sumber daya alam yang ada. Yang dimana hal ini berkaitan dengan Tanaman kakao. 

“Ini mungkin contoh kasus kedepannya, yang dimana dalam kondisi keuangan negara dan daerah dikarenakan dampak covid-19 ini cukup sedikit mengganggu aktivitas pembangunan. Sehingga melalui Unhas juga Kepada Pemkab Mahulu bisa memberikan penguatan dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, khusus yang berbasis dengan sumber daya alam yang memang asli produk Kabupaten Mahulu,” harapnya. 

Sekda berharap juga  ke depan bisa di kembangkan lagi, khususnya dari sektor perkebunan dan pertanian yang secara geografis sangat daerah Kabupaten Mahulu, sangat menguntungkan karena berada di daerah perbukitan, tinggal bagaimana dilakukan penguatan dari unsur masyarakat saja. 

“Selain itu dari setiap OPD juga akan kita dorong, guna melihat potensi sektor apa saja yang bisa kita jalin kerjasamanya melalui OPD terkait,” tandasnya. 

Direktur Komunikasi/Sekretaris Rektor Ir. Suharman Hamzah, PH.D., HSE menyampaikan, sangat antusias dengan semangat yang dimiliki oleh Pemkab Mahulu, dalam upaya memajukan daerah siap berkolaborasi dengan pihak Unhas. 

“Tentunya kami sangat menyambut baik, tentunya setelah pertemuan ini akan ada pertemuan selanjutnya, yang dimana akan membahas lebih dalam apa saja dan sektor apa saja yang akan segera kita lakukan penguatan atau pengembangan, selain dari sektor-sektor yang sudah kita lakukan terlebih dahulu,” tuturnya. 

Ia melanjutkan, Unhas melalui kerjasama ini akan terus membuka diri dan begitu juga dari pihak Mahulu terus menggali potensi-potensi apa saja yang ada berada di Mahulu. 

“Sehingga jalinan kerjasama ini benar-benar ke depan dapat berwujud sebuah keberhasilan yang nyata bagi Masyarakat Mahulu,” harapnya. (Prokopim/td/aim)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here