BERIKAN DORONGAN MORIL, BUPATI MAHULU KUNJUNGI DAN BERTATAP MUKA DENGAN KORBAN MUSIBAH KEBAKARAN.

0
144
Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH., ME pada saat mengunjungi dan bertatap muka dengan Warga RT 01 dan RT 02 Kampung Ujoh Bilang yang terkena Bencana Kebakaran.

UJOH BILANG – Dalam rangka memberikan Semangat dan Dorongan Moril Kepada Korban Musibah Kebakaran Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH., ME mengunjungi dan Langsung bertatap muka dengan Warga RT 01 dan RT 02 Kampung Ujoh Bilang yang terkena Bencana Kebakaran. Senin (31/05/2021)

Dalam sambutan Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH., ME menyampaikan turut prihatin yang mendalam atas musibah kebakaran yang dialami oleh warga Ujoh bilang RT 01 dan RT 02, pada Sabtu 29 Mei 2021 yang lalu.

“Saya harap bapak ibu sekalian diberikan kesabaran dan kekuatan serta keyakinan bahwa Tuhan Yang Maha Esa akan memberikan Hikmat yang lebih baik dibalik musibah yang terjadi ini,” ungkap Bupati.

Setelah bertatap muka dengan warga korban kebakaran, Bupati Mahulu yang didampingi oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Humas (Asisten 1) Ir. H. Dodit Agus Riyono, MP, Dansatgas Pamtas Yonif 614/RJP Mayor Inf Indar Irawan,  Kapolsek Long Bagun AKP Purwanto, Kanit Sabhara Ipda Aan Anwari, Danramil Long Bagun Lettu Inf I Wayan Sudiarsa memberikan bantuan kepada korban kebakaran dan dilanjutkan meninjau lokasi rumah warga kampung Ujoh bilang RT 01 dan 02 yang terkena bencana kebakaran.

Bupati Mahulu juga menyampaikan Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang sudah bekerja bahu membahu, bergotong royong dalam menangani musibah kebakaran ini,  Saya juga ucapkan Terima kasih kepada Tim Penanganan Darurat Bencana yang sudah dibentuk sementara, secara Cepat yang dibantu oleh Koramil Long Bagun dan Polsek Long Bagun bersama Dinsos P2PA, Trantibum dan Camat Hingga Petinggi Ujoh Bilang.

“Dalam hal ini Pemkab sudah mengambil langkah-langkah cepat dalam penanganan Pasca terjadi musibah kebakaran dengan berkoordinasi dengan TNI/Polri dalam mendirikan Posko Bantuan, Posko Kesehatan, dan Dapur Umum,” ucap Bupati.

Lanjut Bupati mengatakan bahwa dalam menangani keadaan darurat bencana untuk mengendalikan ancaman bencana dan menanggulangi dampak yang ditimbulkan, telah dibentuk secara resmi Pos Komando Penanganan Darurat Bencana (Posko PDB) yang dikomando oleh Danramil Long Bagun sebagai Komandan Posko dan Kapolsek Long Bagun sebagai Wakil Komandan Posko.

“Pusat Komando Operasi Penanganan Darurat Bencana ini sebagai posko utama dalam mengkoordinasikan, melaksanakan, mengendalikan, memantau dan mengevaluasi serta melaporkan kepada Saya pelaksanaan penanganan darurat bencana kebakaran ini,” katanya.

Di sisi lain Danramil Long Bagun Lettu Inf I Wayan Sudiarsa sekaligus sebagai ketua komando posko melaporkan menerima berita pada pukul 04.15 am bahwa adanya terjadi kebakaran di RT.01 Ujoh Bilang,”setelah menerima berita tersebut pada pukul 05.00am kami langsung menuju lokasi dan melihat langsung bahwa api sudah membesar serta merambat dari warung hingga rumah yang berada di kiri dan kanan,” ungkap Danramil Long Bagun.

Lettu Inf I Wayan Sudiarsa juga menyampaikan bahwa sudah mendirikan Posko dengan berkoordinasi langsung bersama Kapolsek Long Bagun, Dinsos P2PA, Petinggi Ujoh Bilang, serta Badan Penanggulangan Bencana. Posko yang berada di samping kantor kepolisian sektor Long Bagun dibuka selama 7 hari yang kurang lebih sampai tanggal 4 Juni 2021.

“Di Posko Kami telah menerima bantuan dari para relawan maupun juga masyarakat sekitar ada 63 item yang salah satunya terdiri dari beras yang seberat 1.260kg dan gula 295kg, beberapa lainnya ada yang sudah kami distribusikan untuk yang bekerja membersihkan lokasi kebakaran dan untuk masyarakat yang terkena bencana,” tungkasnya.

Lanjut Danramil Long Bagun Lettu Inf I Wayan Sudiarsa melaporkan bahwa saat ini data yang kami punya yang didapat dari petinggi Ujoh bilang ada 12 Kepala Keluarga (KK) korban bencana kebakaran, sekitar 134jiwa,”namun data ini masih belum akurat, oleh sebab itu apabila masih ada yang belum terdaftar silahkan segera lapor ke posko dengan membawa KK, dimohon kesadaran warga yang terkena musibah untuk melaporkan sehingga nanti kami akan data dan crosscheck kembali,” tutup Danramil Long Bagun. (HMS/vta/td)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here