BUPATI RESMIKAN MONUMEN MAKAM DAYAK KENYAH LEBUQ TIMAI

0
171
Bupati Bonifasius Belawan Geh,SH didampingi Ketua TP PKK Yovita Bulan Bonifasius dan Sekretaris Daerah Drs. Yohanes Avun,M.Si foto bersama Ketua Umum Dewan Adat Dayak Provinsi Kaltim Dr Edi Gunawan Areq Lung, Kuasa Suku Kenyah Umaq Timai Kornelis Gun Ajang.

Pemkab Dukung Pembangunan tempat bersejarah sebagai wadah pengingat budaya

UJOH BILANG – Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh, SH meresmikan Monumen Makam Dayak Kenyah Lebuq Timai yang dipusatkan di Kampung Batu Majang. Agenda ini ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti, yang dilanjutkan dengan Ibadat Syukur Pemberkatan yang dipimpin oleh Pastor Ding Jenau, Pr, pada Jumat (11/10)

Setibanya di lokasi kegiatan, Bupati bersama rombongan Pejabat Pemkab disambut secara adat disertai pemasangan Lekuq atau gelang manik oleh tokoh adat Dayak Kenyah setempat.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH menyampaikan sambutan dalam acara Peresmian Monumen Makam Dayak Kenyah Lebuq Timai di Kampung Batu Majang.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH, dalam Sambutannya mengatakan Pemkab Mahulu sangat mendukung pembangunan tempat-tempat sejarah. Menurutnya, tempat bersejarah bisa dijadikan wadah pengigat budaya leluhur.

“Pembangunan seperti ini saya minta diteruskan, sebagai tempat kita berkumpul dan berdoa untuk orang tua kita, nenek moyang yang sudah mendahului kita dengan segala perjuangan,” ungkap Bupati.

Peresmian ditandai dengan Penandatanganan Prasasti Monumen Makam Dayak Kenyah Lebuq Timai oleh Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH.

Bupati menambahkan, pembangunan monumen adalah wujud terima kasih dan gambaran moral penerus yang memiliki keperdulian tinggi, juga sebagai penghormatan atas perjuangan leluhur.

“Atas nama Pemkab Mahulu, saya sangat mengapresiasi kepada panitia, tokoh adat, masyarakat, dan terutama inisiator Kampung Batu Majang bersama PT Sumalindo, yang sudah merencanakan dan membangun monumen ini,” tutur Bupati.

Sementara itu, dalam sambutannya, Petingi Kampung Batu Majang Yosep Merang, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Mahakam Ulu, Lembaga Adat serta masyarakat, serta PT Sumalindo Lestari Jaya Tbk yang terlibat dalam pembangunan.

“Proses pembangunan ini sangat panjang, kurang lebih 10 tahun baru bisa terlaksana, untuk itu saya mewakili seluruh masyarakat berterima kasih karena PT Sumalindo membangun sesuai rencana,” terangnya.

Di akhir acara, dilaksanakan penandatanganan berita acara serah terima monumen oleh Kuasa Direksi PT Sumalindo Lestari Jaya Tbk, Drs Rudiansyah, dan Kuasa Suku Kenyah Umaq Timai, Kornelis Gun Ajang.

Dalam acara tersebut Bupati Bonifasius Belawan Geh, SH yang ditemani Ketua TP PKK Yovita Bulan Bonifasius secara pribadi menyerahkan dana bantuan untuk pemeliharaan monumen. Turut hadir mendampingi Sekretaris Daerah Drs Yohanes Avun, M.Si,, Komandan Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Letkol Inf Taufik Ismail, S.Sos, M.I.Pol, Ketua Umum Dewan Adat Dayak Provinsi Kaltim Dr Edi Gunawan Areq Lung, dan Danramil Long Bagun I Wayan Sudarsa Kepala OPD di lingkungan Pemkab Mahulu.(HMS11)

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda