Cegah Kanker Rahim dan Payudara, TP PKK Adakan IVA Test Gratis

0
91
Ketua TP PKK Yovita Bulan Bonifasius menghimbau ibu-ibu tidak malu untuk periksa Kanker rahim dan kanker payudara saat seminar dan IVA test Geratis, di balai Adat Kampung Ujoh Bilang. Foto by : Datinfo Humpro.

– Ketua TP. PKK Himbau Ibu-ibu Tidak Perlu Malu Untuk Periksa

UJOH BILANG – Dalam upaya memerangi angka kematian pada wanita, akibat terjadinya Kanker Serviks atau yang biasa disebut Kanker Rahim, Tim Penggerak Pemerdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kabupaten Mahakam Ulu. Mengadakan pemeriksaan gratis kanker rahim dan kanker payudara melalui pemeriksaan Inveksi Visual Asamasetat (IVA) Test, yang berlangsung di Balai Adat Kampung Ujoh Bilang. Kamis (5/9)

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan anggotanya, TP PKK bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) untuk mengadakan pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM) yang meliputi, penyakit kencing manis, hipertensi, jantung, stroke, asma dan kolestrol tinggi.

Pemeriksaan gratis ini merupakan rangkaian kegiatan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke – 47 tingkat Kabupaten Mahakam Ulu.

TP PKK bekerjasama dengan Dinkes P2KB juga menggelar pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM).

Menurut Ketua TP PKK Kabupaten Mahulu Yovita Bulan Bonifasius IVA Test sangat penting dilakukan, sebagai upaya mendeteksi dini adanya kanker rahim dan kanker payudara, agar dapat segera mendapatkan penanganan lebih lanjut jika ditemukan.

“Dari pemeriksaan ini kita bisa tau lebih awal, kalau ada hal-hal yang kurang berkenan di rahim kita, jadi penanganan juga cepat,”ungkapnya.

Ia menambahkan, kurangnya kesadaran ibu-ibu untuk memeriksakan diri bisa berdampak buruk untuk kesehatan diri sendiri.

“Di Mahulu ini IVA Test nya kan gratis, kalau periksa diluar bisa sampai ratusan ribu, saya harap ibu-ibu jangan malu kedepannya harus banyak yang periksakan diri,”harapnya.

Sementara itu saat ditemui disela kesibukannya memeriksa pasien, salah seorang perawat Puskesmas Ujoh Bilang Diana Lisa mengatakan, PTM yang banyak ditemui pada anggota PKK adalah hipertensi/darah tinggi dan kolestrol.

“Saat pemeriksaan banyak hipertensi, gula darah dan kolestrol, tidak ditemukan kanker payudara atau kangker rahim tapi untuk penyakit jantung ada yang memang punya riwayat jantung turunan dari keluarga,”jelasnya.(Hms11)

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda